This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mahfidzoh, Sirly (2019) التدخل اللغوي في المحادثة اليومية الفصل الثاني الثانوية بمعهد سونن درجات بانجارانيار باشيران لامونجان (دراسة علم اللغة الإجتماعي). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Sirly Mahfidzoh_A01215044.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penerapan dwibahasa dan juga multibahasa dalam tindak tutur sehari-hari merupakan sebuah fenomena yang menarik untuk di kaji oleh seorang peneliti dalam prespektif sosiolinguistik, kajian skripsi ini akan menyuguhkan suatu fenomena interferensi berbahasa yang terjadi di tengah-tengah santri putri pondok pesantren yang menggunakan dua bahasa yaitu bahasa Arab dan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari. bagi para santri menggunakan dua bahasa asing yaitu bahasa Arab dan Bahasa Inggris tentu bukan suatu hal yang sederhana terlebih bagi santri baru yang notaben-Nya belum mengenal sama sekali dua bahasa tersebut khususnya bahasa arab, karena terdapat perbedaan antara sistem linguistik bahasa Arab dengan sistem linguistik bahasa Indonesia baik dari segi aspek bunyi, struktur kalimat, maupun sistem pemaknaan ketika suatu proses tersebut berlangsung. Para santri di Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan berkewajiban menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi sehari – hari. Santri pondok tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia yang memiliki bahasa ibu yang beragam. Sehingga ketika menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi sehari – hari, seringkali terpengaruhi dengan bahasa ibu mereka. Akibatnya bahasa arab yang mereka gunakan seringkali mengalami interferensi baik secara disadari oleh penutur maupun tidak disadari. Dari fenomena yang terjadi dalam percakapan santri putri pondok pesantren Sunan Drajat penulis akan meneliti secara komperhensif mengenaik interferensi bahasa yang meliputi Sintaksis, Morfologi, dan Fonologi dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1. Apa macam-macam interferensi bahasa pada percakapan santri putri kelas dua Aliyah pondok pesantren Sunan Drajat lamongan? 2.Apa penyebab terjadinya Interferensi bahasa pada percakapan santri putri kelas dua Aliyah di pondok pesantren Sunan Drajat? Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan sosiolonguistik yang objek penelitiannya adalah santri putri kelas dua Aliyah di pondok pesantren Sunan Drajat Banjaranyar Paciran Lamongan yang tinggal di Asrama. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah metode simak. Metode simak adalah metode yang digunakan dalam penyediaan data dengan cara yaitu dengan cara peneliti mengambil sample data dengan melakukan penyimakan penggunaan bahasa. metode ini memiliki teknik dasar yaitu teknik sadap, sebagai teknik dasar maka, ia memiliki teknik lanjutan yaitu teknik simak bebas libat cakap. Data dalam penelitian ini meliputi : data primer dan data sekunder, adapun data primer berupa penggalan teks percakapan santri putri pondok pesantren Sunan Drajat Banjaranyar Paciran Lamongan yang tinggal didalam pondok, dan adapun data sekunder berupa informasi atau keterangan system penggunaan dua bahasa di pondok pesantren Sunan Drajat. Hasil dari penelitian ini peneliti menemukan beberapa macam interferensi yang terjadi dalam percakapan sehari – hari santri putri kelas dua Aliyah di pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan yaitu meliputi interferensi sintaksis, morfologi dan fonologi Dan kesalahan tersebut disebabkan oleh pengaruh bahasa ibu pada diri mereka masing – masing terhadap bahasa kedua (Bahasa Arab) mereka.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Sosiologi | ||||||
Keywords: | Bahasa; Interverensi | ||||||
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab | ||||||
Depositing User: | Mahfidzoh Sirly | ||||||
Date Deposited: | 13 Feb 2019 06:47 | ||||||
Last Modified: | 13 Feb 2019 06:47 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29983 |
Actions (login required)
View Item |