This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hakim, Mochamad Luqman (2019) Kecenderungan pemberitaan Meikarta dalam Portal Berita Online: analisis isi kuantitatif pada laman Detik.Com, Liputan6.Com, Kompas.Com Periode 1 Agustus - 30 September 2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Mochamad Luqman Hakim_B76213074.pdf Download (22MB) |
Abstract
Produk properti “Meikarta” pada medio tahun 2017 seketika menjadi trend publik karena cara promosi Lippo Group yang begitu massif. Padahal pada saat yang sama, Meikarta masih tersandung kasus perizinan yang belum tuntas. Media massa sebagai pusat informasi dihadapkan pada kondisi yang dilematis. Disatu sisi media massa wajib menyebarkan sisi positif Meikarta melalui ruang iklan dan disisi lain media massa juga wajib memberikan informasi negatif terkait perizinan Meikarta yang belum tuntas. Dalam kondisi dilematis tersebutlah penelitian ini dilakukan. Guna melihat kecenderungan pemberitaan secara komprehensif, peneliti menggunakan dua fokus penelitian, yakni, (1) Bagaimana kecenderungan jenis tulisan topik Meikarta dalam portal berita online detik.com, liputan6.com, kompas.com periode 1 Agustus – 30 September 2017 berdasarkan analisis isi kuantitatif ? (2) Bagaimana kecenderungan objektivitas pemberitaan tentang Meikarta dalam portal berita online detik.com, liputan6.com, kompas.com periode 1 Agustus – 30 September 2017 berdasarkan analisis isi kuantitatif? Penelitian ini menggunakan Teori Ruang Publik Jürgen Habermas untuk menganalisis temuan yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Analisis Isi Kuantitatif Deskriptif untuk menghasilkan kecenderungan pemberitaan yang komprehensif. Hasilnya informasi tentang Meikarta dalam Detik.com muncul dalam bentuk Advertorial sebanyak 57 tulisan (74%) dan berita publik sebanyak 21 tulisan (26%). Sama dengan Kompas.com yang memposting Advertorial Meikarta sebanyak 136 tulisan (79%) dan berita publik sebanyak 36 tulisan (21%). Sehingga, Detik.com dan Kompas.com cenderung mementingkan kepentingan bisnis pengiklan daripada kepentingan publik. Berbeda dengan Liputan6.com yang cenderung proposional dalam pembagian ruang antara berita publik dan Advertorial. Sebanyak 90 tulisan (53%) berupa berita publik dan sebanyak 79 tulisan (47%) berupa tulisan Advertorial. Namun sayangnya, Liputan6.com justru bersikap sebaliknya ketika menyajikan berita publik tentang Meikarta. Liputan6.com justru hanya menampilkan fakta-fakta bias yang tidak netral dan memihak kepada kepentingan Lippo Group sebagai pengiklan Meikarta. Begitu pula dalam Detik.com dan Kompas.com yang secara serempak cenderung tidak objektif dan berpihak kepada kepentingan Lippo Group dalam pemberitaan Meikarta. Mayoritas berita Meikarta dalam ketiga portal berita online diatas merupakan berita yang disajikan dari sisi positif saja. Sedangkan sisi negatif Meikarta, seperti masalah izin, hanya di ulas dalam frekuensi yang sedikit. Dengan begitu portal berita online justru berpihak kepada kepentingan bisnis Lippo Group dalam pemberitaan Meikarta. Sesuai dengan teori Jürgen Habermas, melalui ruang publik yang terdapat dalam pers, perusahaan-perusahan besar dapat mengorganisasi opini publik untuk tujuan bisnis perusahaan-perusahaan tersebut. Dari temuan penelitian ini, pemerintah dan manajemen portal berita online diharapkan segera menerbitkan peraturan terkait batasan porsi iklan dalam portal berita online. Selain itu, diharapkan juga bagi para jurnalis agar lebih objektif dan tidak memihak kepada pengiklan yang sedang beriklan pada media massa yang menaunginya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Ilmu Komunikasi Media Massa |
||||||
Keywords: | Objektivitas Berita; Media Massa; Meikarta; Lippo Group; Ruang Publik | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi | ||||||
Depositing User: | Hakim Mochamad Luqman | ||||||
Date Deposited: | 13 Feb 2019 07:17 | ||||||
Last Modified: | 13 Feb 2019 07:17 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30011 |
Actions (login required)
View Item |