Kecenderungan pemberitaan Meikarta dalam Portal ‎Berita ‎Online: analisis isi ‎kuantitatif pada laman Detik.Com, ‎Liputan6.Com, Kompas.Com ‎Periode 1 Agustus ‎‎- 30 September 2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakim, Mochamad Luqman (2019) Kecenderungan pemberitaan Meikarta dalam Portal ‎Berita ‎Online: analisis isi ‎kuantitatif pada laman Detik.Com, ‎Liputan6.Com, Kompas.Com ‎Periode 1 Agustus ‎‎- 30 September 2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochamad Luqman Hakim_B76213074.pdf

Download (22MB)

Abstract

Produk properti “Meikarta” pada medio tahun 2017 seketika menjadi trend publik ‎karena cara promosi Lippo Group yang begitu massif. Padahal pada saat yang sama, Meikarta ‎masih tersandung kasus perizinan yang belum tuntas. Media massa sebagai pusat informasi ‎dihadapkan pada kondisi yang dilematis. Disatu sisi media massa wajib menyebarkan sisi ‎positif Meikarta melalui ruang iklan dan disisi lain media massa juga wajib memberikan ‎informasi negatif terkait perizinan Meikarta yang belum tuntas. Dalam kondisi dilematis ‎tersebutlah penelitian ini dilakukan.‎ Guna melihat kecenderungan pemberitaan secara komprehensif, peneliti menggunakan ‎dua fokus penelitian, yakni, (1) Bagaimana kecenderungan jenis tulisan topik Meikarta dalam ‎portal ‎berita online detik.com, liputan6.com, kompas.com periode 1 Agustus ‎‎– 30 September ‎‎2017 berdasarkan analisis isi kuantitatif ?‎ (2) Bagaimana kecenderungan objektivitas ‎pemberitaan tentang Meikarta ‎dalam portal berita online detik.com, liputan6.com, ‎kompas.com ‎periode 1 Agustus – 30 September 2017 berdasarkan analisis isi ‎kuantitatif?‎ Penelitian ini menggunakan Teori Ruang Publik Jürgen Habermas untuk menganalisis ‎temuan yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Analisis Isi ‎Kuantitatif Deskriptif untuk menghasilkan kecenderungan pemberitaan yang komprehensif. Hasilnya informasi tentang Meikarta dalam Detik.com muncul dalam bentuk ‎Advertorial sebanyak 57 tulisan (74%) dan berita publik sebanyak 21 tulisan (26%). Sama ‎dengan Kompas.com yang memposting Advertorial Meikarta sebanyak 136 tulisan (79%) dan ‎berita publik sebanyak 36 tulisan (21%). Sehingga, Detik.com dan Kompas.com cenderung ‎mementingkan kepentingan bisnis pengiklan daripada kepentingan publik.‎ Berbeda dengan Liputan6.com yang cenderung proposional dalam pembagian ruang ‎antara berita publik dan Advertorial. Sebanyak 90 tulisan (53%) berupa berita publik dan ‎sebanyak 79 tulisan (47%) berupa tulisan ‎Advertorial. Namun sayangnya, Liputan6.com justru ‎bersikap sebaliknya ketika menyajikan berita publik tentang Meikarta. Liputan6.com justru ‎hanya menampilkan fakta-fakta bias yang tidak netral dan memihak kepada kepentingan ‎Lippo Group sebagai pengiklan Meikarta. Begitu pula dalam Detik.com dan Kompas.com ‎yang secara serempak cenderung tidak objektif dan berpihak kepada kepentingan Lippo ‎Group dalam pemberitaan Meikarta. Mayoritas berita Meikarta dalam ketiga portal berita online diatas merupakan berita ‎yang disajikan dari sisi positif saja. Sedangkan sisi negatif Meikarta, seperti masalah izin, ‎hanya di ulas dalam frekuensi yang sedikit. Dengan begitu portal berita online justru berpihak ‎kepada kepentingan bisnis Lippo Group dalam pemberitaan Meikarta. Sesuai dengan teori ‎Jürgen Habermas, melalui ruang publik yang terdapat dalam pers, perusahaan-perusahan besar ‎dapat mengorganisasi opini publik untuk tujuan bisnis perusahaan-perusahaan tersebut.‎ Dari temuan penelitian ini, pemerintah dan manajemen portal berita online diharapkan ‎segera ‎menerbitkan peraturan terkait batasan porsi iklan dalam portal berita ‎online. ‎ Selain itu, ‎diharapkan juga bagi para jurnalis agar lebih objektif dan tidak memihak kepada pengiklan ‎yang sedang beriklan pada media massa yang menaunginya.‎

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakim, Mochamad Luqmanmochammadluqmanhakim73@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Media Massa
Keywords: Objektivitas Berita; Media Massa; Meikarta; Lippo Group; Ruang Publik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Hakim Mochamad Luqman
Date Deposited: 13 Feb 2019 07:17
Last Modified: 13 Feb 2019 07:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30011

Actions (login required)

View Item View Item