This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Muhammad, Pagar Alam (2019) Penerapan media video dalam mata pelajaran Seni Budaya materi Seni Musik untuk meningkatkan keterampilan bermain musik siswa Kelas IV SDN Wonosari 2 Pagu Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Muhammad Pagar Alam_D97214089.pdf Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah guru belum mengajarkan seni musik menggunakan media pembelajaran seperti seharusnya. Dalam pembelajaran seni musik selama ini guru menyampaikan materi hanya dengan media audio, yaitu memperdengarkan lagu melalui sound dan kemudian siswa menghafalkannya. Meskipun pembelajaran sudah berorientasi pada siswa namun aktifitas belajar siswa belum maksimal. Permasalahan tersebut otomatis berdampak pada minimnya pengetahuan siswa tentang seni musik serta akan mengurangi kemampuan siswa untuk mengekpresikan dan mengapresiasikan secara kreatif kepribadian dan sikap-sikap emosionalnya secara seimbang. Menanggapi hal tersebut, maka diperlukan Penerapan Media Video Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Materi Seni Musik Untuk Meningkatkan Keterampilan Bermain Musik Siswa Kelas IV SDN Wonosari 2 Pagu Kediri.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan Media Video untuk meningkatkan keterampilan bermain musik siswa pada mata pelajaran SBK kelas IV SDN Wonosari 2 Pagu Kediri? 2) Bagaimana peningkatan keterampilan bermain musik siswa kelas IV SDN Wonosari 2 Pagu Kediri setelah menggunakan Media Video pada mata pelajaran seni budaya?Penelitian tindakan kelas (PTK) ini menggunakan model penelitian Kurt Lewin. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data penelitiian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Wonosari 2 Pagu Kediri yang terdiri dari 15 siswa. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan media video pada materi seni musik kelas IV SDN Woonosari 2 Pagu-Kediri mendapatkan hasil yang lebih baik dari hasil yang sebelumnya. Perolehan skor aktivitas guru pada siklus I adalah 74,1 (Baik) kemudian meningkat menjadi 91,1 (Sangat Baik) pada siklus II. skor aktivitas siswa yang pada siklus I mendapat skor 80,3 (Baik) kemudian meningkat menjadi 94,4 (Baik) pada siklus II. 2) Penerapan media video mampu meningkatkan keterampilan pada materi seni musik kelas IV SDN Woonosari 2. Hal ini dibuktikan dengan tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Nilai rata-rata siklus I yaitu 56,8 kemudian meningkat menjadi 88 pada siklus II. Presentaase ketuntasan di siklus I yaitu 0% kemudian meningkat menjadi 87%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Media Budaya Musik |
||||||
Keywords: | Media Pembelajaran; Penerapan Media Video; Keterampilan Bermain Musik | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Muhammad Pagar Alam | ||||||
Date Deposited: | 15 Feb 2019 02:00 | ||||||
Last Modified: | 27 Mar 2019 09:22 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30197 |
Actions (login required)
View Item |