TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRODUK PENGIRIMAN BARANG BERGARANSI POS EXPRESS DI PT. POS INDONESIA ( PERSERO) KANTOR POS 60000 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Ahsinatun Najibah (2015) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRODUK PENGIRIMAN BARANG BERGARANSI POS EXPRESS DI PT. POS INDONESIA ( PERSERO) KANTOR POS 60000 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana mekanisme produk pengiriman barang bergaransi pos express di PT. Pos Indonesia ( persero) kantor pos 60000 Surabaya? 2. Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap produk pengiriman barang bergaransi pos express di PT. Pos Indonesia ( persero) kantor pos 60000 Surabaya?
Dalam penelitian ini data yang dikumpulkan adalah dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dengan penjual dan pembeli, telaah pustaka, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif analitis dengan menggunakan pola pikir induktif dengan mengemukakan kenyataan-kenyataan khusus yang berkaiatan dengan produk Pos Express di PT Pos Indonesia Persero kantor pos 60000 Surabaya untuk kemudian di analisis menggunakan hukum Islam yang berkaitan dengan akad wakalah bil Ujroh untuk diketahui kesimpulannya.
Dari hasil penelitian yang dilakukan di PT. Pos Indonesia ( Persero) Kantor Pos 60000 Surabaya, produk pos Expres merupakan sebuah akad yang berbentuk wakalah bil Ujrah yang dilakukan oleh kedua belah pihak, yakni pihak PT. Pos Indonesia dan pihak pengirim. Dimana pihak PT. Pos Indonesia bertindak sebagai al- wākil ( pihak yang mewakili) sedangkan pengirim berindak sebagai al- Muwakkil ( pihak yang mewakilkan). Ditinjau dari berbagai sisi, baik dari sisi pelau akad, obyek akad, sighot nya, produk Pos Express telah memenuhi rukun dan syarat yang terdapat dalam akad wakalah bil Ujrah, sehingga hukum dari produk Pos Express adalah Mubah ( diperbolehkan), karena mengandung unsur ta’awun dan transaksi yang menguntungkan kedua belah pihak. Sedangkan keterlambatan yang sering terjadi dalam produk Pos Express adalah merupakan wanprestasi dalam produk Pos Express merupakan suatu kelalaian yang dapat merugikan pihak pengirim dan dapat merampas hak- hak pengirim yang seharusnya dipenuhi oleh PT. Pos Indonesia sehingga sebagai solusinya jika terjadi hal tersebut adalah pemberian ganti rugi kepada pihak pengirim.
Dari kesimpulan tersebut, penulis menyarankan pada PT. Pos Indonesia hendaklah tidak menjanjikan suatu hal yang belum pasti bisa dilaksanakannya, dan membantu pihak pengirim juga tidak mempersulit proses klaim ganti rugi yang diajukan pengirim. Selain itu PT. Pos Indonesia hendaknya menjelaskan secara detail seluk beluk dari Produk Pos Express, sebelum pengirim memutuskan untuk benar- benar menggunakan produk tersebut, untuk menghindari terjadinya sengketa di kemudian hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Abu Azam Al Hadi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Ahsinatun NajibahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Muamalat Muamalah
Keywords: Pengiriman Barang; Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Dec 2015 03:01
Last Modified: 23 Dec 2015 03:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3020

Actions (login required)

View Item View Item