STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PEMBIAYAAN DANA TALANGAN UMROH DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT NASABAH BANK JATIM SYARIAH SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widiawati, Emi (2015) STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PEMBIAYAAN DANA TALANGAN UMROH DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT NASABAH BANK JATIM SYARIAH SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjawab rumusan masalah yakni bagaimana strategi pengembangan produk pembiayaan dana talangan umroh yang dilakukan oleh Bank Jatim Syariah Surabaya dan bagaimana perkembangan minat nasabah Bank Jatim Syariah Surabaya melalui pembiayaan dana talangan umroh pada tahun 2014-2015.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif yang diambil dari pernyataan yang bersifat umum lalu ditarik kesimpulan yang bersifat khusus sehingga dari yang khusus diketahui hasil dari strategi pengembangan produk pembiayaan dana talangan umroh dalam upaya meningkatkan minat nasabah Bank Jatim Syariah Surabaya. Teknik pengumpulan data berasal dari observasi, wawancara pegawai bank jatim syariah, buku pedoman pembiayaan umroh iB maqbula dan dokumentasi yang bersangkutan dengan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan produk pembiayaan dana talangan umroh Bank Jatim Syariah Surabaya adalah dengan melakukan strategi internal dan eksternal. Strategi internal berupa rapat diskusi antara pihak internal bank yang terkait dengan produk dan melakukan promosi brosur dan banner yang disediakan di ruangan-ruangan kantor Bank Jatim Syariah. Sedangkan strategi eksternal adalah dengan kegiatan publisitas promosi yang meliputi kegiatan pameran, kegiatan promosi di car free day, bakti sosial, dan bekerja sama dengan manajemen travel penyelanggara umroh. Pada perkembangan minat nasabah produk pembiayaan dana talangan umroh Bank Jatim Syariah berkembang selama berjalan satu tahun tetapi masih mendapatkan hasil yang masih kecil jauh dari target yang diinginkan, nasabah pembiayaan umroh berjumlah 3 nasabah. Kendala masih kurangnya minat nasabah ini adalah masalah jaminan, tidak adanya promosi lewat media cetak dan audiovisual, kurang terjalinnya kerja sama yang erat dengan pihak travel penyelenggara umroh
Berdasarkan kesimpulan diatas, maka Bank Jatim Syariah diharapkan dapat lebih mempertahankan dan meningkatkan strateginya pada promosi lewat media cetak dan audiovisual selain itu lebih mempererat jalinan kerja sama antara pihak bank dan travel umroh diharapkan Bank Jatim Syariah dapat memasarkan produknya pada acara-acara yang diselenggarakan oleh pihak travel begitu pula sebaliknya pihak travel umroh dapat memperoleh jamaah dari nasabah Bank Jatim Syariah .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Muhammad Yazid
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widiawati, EmiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Manajemen Strategi
Pemasaran
Keywords: Strategi Pengembangan; Ekonomi Syariah; Dana Talangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Dec 2015 08:00
Last Modified: 23 Dec 2015 08:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3034

Actions (login required)

View Item View Item