This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hakim, Arief Rahman (2019) Hubungan antara kemandirian dengan penyesuaian diri pada santri Pondok Pesantren Darul 'Ulum Peterongan Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Arief Rahman Hakim_B07212043.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki rumusan masalah penelitian yaitu apakah ada hubungan antara kemandirian dengan penyesuaian diri pada santri Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan try out sebagai validasi data. Subjek penelitian adalah santri laki-laki Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Jombang. Penelitian ini menemukan temuan, yaituterdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian dengan penyesuaian diri. Pada penelitian ini semakin tinggi tingkat kemandirian maka makin tinggi pula tingkat penyesuaian diri. Sebaliknya, semakin kemandirian maka makin rendah pula tingkat penyesuaian diri, dengan memperhatikan harga koefisien korelasi sebesar 0,464 berarti sifat korelasinya cukup. Temuan ini sesuai dengan yang dikemukakan oleh Hurlock (2008) bahwa kemandirian merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi penyesuaian diri. Individu memiliki sikap mandiri dalam cara berpikir dan bertindak, mampu mengambil keputusan, mengarahkan dan mengembangkan diri serta menyesuaikan diri secara konstruktif dengan norma yang berlaku di lingkungannya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Psikologi Psikologi > Keluarga |
||||||
Keywords: | kemandirian; penyesuaian diri. | ||||||
Divisions: | Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi | ||||||
Depositing User: | Hakim Arief Rahman | ||||||
Date Deposited: | 22 Feb 2019 01:51 | ||||||
Last Modified: | 22 Feb 2019 01:51 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30659 |
Actions (login required)
View Item |