Strategi penerapan Total Quality Management (TQM) dalam membentuk sekolah berkarakter religius: studi multi kasus di MTs Bilingual Muslimat NU Pucang Sidoarjo dan SMP Zainuddin Ngeni Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Diah Puspita (2019) Strategi penerapan Total Quality Management (TQM) dalam membentuk sekolah berkarakter religius: studi multi kasus di MTs Bilingual Muslimat NU Pucang Sidoarjo dan SMP Zainuddin Ngeni Waru Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diah Puspita Sari_F12316225.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang karakter religius yang dibentuk melalui program pembiasaan sekolah di MTs Bilingual Muslimat NU Pucang Sidoarjo dan SMP Zainuddin Ngeni Waru Sidoarjo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep karkter religius yang dibentuk, penerapan Total Quality Managenet (TQM) dalam membentuk sekolah berkarakter religius, dan Total Quality Managenet (TQM) dalam meningkatkan mutu lembaga berkarakter religius. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus pada madrasah dan sekolah. Metode pengumpulan data dalam tesis ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan pagi yang meliputi: shalat dhuha, shalat fardhu berjama’ah, menghafal juz 30, Baca Tulis al-Qur’an (BTQ), program tahfidz dapat membentuk karakter religius berbicara siswa yang sopan, mampu mengintegrasi pembelajaran dan dzikir, menjalankan syariat berdasarkan ahlussunnah wal jama’ah, mencetak generasi muslimah, menjaga shalat lima waktu. Sedangkan TQM dalam membentuk karakter religius dengan cara melakukan perbaikan secara terus-menerus, menetapkan jaminan mutu dan standar mutu, menciptakan kultur atau budaya sekolah, melakukan perubahan organisasi, dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan. TQM dalam meningkatkan mutu lembaga berkarakter religius dengan melakukan peningkatan pelayanan kepada peserta didik sehingga mampu bersaing dan menjuarai perlombaan, memberikan pelatihan dan pengarahan kepada guru, staf dan karyawan, selalu berkoordinasi dan bekerja sama dalam setiap kegiatan pembiasaan juga dalam PHBI, serta membangun hubungan mata rantai internal dan eksternal yang efektif antara pelanggan dan produsen melakukan inovasi terus menerus dalam pembelajaran, media, perangkat pembelajaran dengan ekstrakulikuler pramuka, banjari, bela diri, sains day, math day, sains club, dan English day.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Diah Puspitadiah.ps.1993@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Budaya - Agama
Manajemen Pendidikan
Keywords: Konsep karakter religius; Total Quality Management (TQM); Peningkatan mutu lembaga berkarakter religius
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sari Diah Puspita
Date Deposited: 19 Mar 2019 04:44
Last Modified: 19 Mar 2019 04:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30758

Actions (login required)

View Item View Item