This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ghozali, Ahmad (2014) KONSEP PEMBERDAYAAN ANAK YATIM DALAM AL-QUR’AN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGASUHAN ANAK YATIM DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN ISLAM. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (501kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (469kB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (633kB) |
||
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (951kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (807kB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (140kB) | Preview |
Abstract
Islam memberi perhatian yang serius perihal anak yatim. Ini terlihat dari banyaknya ayat yang membicarakan tentang mereka. Setidaknya di dalam al Qur’an ada 22 ayat. Berdasarkan ayat-ayat al Qur’an tersebut, penulis memetakan beberapa persoalan yang berhubungan dengan pemberdayaan anak yatim, yang meliputi: perawatan diri anak yatim, pembinaan pendidikan dan moral anak yatim, dan investasi harta anak yatim. Dari sini akan muncul implikasi pemberdayaan tersebut terhadap pengasuhan anak yatim di lingkungan pendidikan Islam.
Data yang dipakai dalam penelitian ini selain al Qur’an sendiri sebagai data utama, juga tafsir, buku, makalah, jurnal atau hasil pemikiran dan penelitian lainnya yang memiliki relevansi strategis dengan penelitian ini. Dengan menggunakan metode tematik, penulis berupaya menemukan konsepsi pemberdayaan anak yatim dalam al Qur’an menurut ayat-ayat yang berbicara tentang anak yatim. Dalam metode ini ayat-ayat al Qur’an yang mempunyai maksud yang sama, dalam arti sama-sama membicarakan satu topik masalah, dihimpun kemudian diberi keterangan dan penjelasan.
Ayat-ayat al Qur’an yang membahas konsep anak yatim terlebih dahulu diidentifikasi, baru kemudian ditelusuri maknanya menurut penafsiran sejumlah mufasir yang dipilih secara acak sesuai dengan kebutuhan penelitian. Setelah melakukan eksplorasi secara mendalam, diketahui bahwa konsep pemberdayaan anak yatim dalam al Qur’an memiliki implikasi positif terhadap pengasuhan mereka di lingkungan pendidikan anak.
Konsep anak yatim yang disebut diberagam tempat, ternyata mengandung maksud tertentu. Dalam kaitannya dengan pendidikan anak, penelitian ini menemukan bahwa pemberdayaan anak yatim harus memperhatikan fase perkembangan, baik materi maupun immateri anak, untuk kelangsungan proses pendidikan, sehingga dibutuhkan metode pendidikan tertentu sesuai dengan fase perkembangan anak. Serta mencakup pada lingkup kognitif, emosi, spiritual, dan keterampilan.
Berdasarkan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para penimba ilmu pada umumnya, serta anak yatim, pengasuh, guru, tokoh masyarakat, dan para pendidik khususnya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Eny Purwati | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam | ||||||
Keywords: | Pengasuhan Anak Yatim; Al Quran; | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 05 Jan 2016 08:00 | ||||||
Last Modified: | 05 Jan 2016 08:00 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3077 |
Actions (login required)
View Item |