This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Lutfiyah, Binti Ma’rifatul (2015) TATHBIQ WA SAIL LU’BAH XO LI TARQIYAH MAHARAH AL ISTIMA’ LI THULAB AL FASHL AL HADI ‘ASYAR BI AL MADRASAH AL ‘ALIYAH AL ISLAMIYAH AL HUKUMIYAH KERTOSONO NGANJUK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (619kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (469kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (518kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (634kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (836kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (468kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (438kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang penerapan media game xo untuk meningkatkan maharah istima’ siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Kertosono Nganjuk.
Istima’ adalah perbuatan yang umum dilakukan seseorang, tetapi dalam pembelajaran istima’ tidak banyak memberikan hasil yang sempurna. Hal ini disebabkan karena sedikitnya semangat siswa dalam pembelajaran istima’ sehingga menyulitkan guru untuk mewujudkan hasil yang baru dalam pembelajaran istima’.
Salah satu metode yang dianggap baru dalam pembelajaran istima’ adalah metode game XO. Permainan ini diadopsi dari permainan anak-anak tic tac toe, yang dimainkan di atas papan berukuran 3x3. Pada awal permainan papan dikosongkan. Kedua pemain X dan O akan menempatkan biji-bijiya di atas papan, sekali pasang satu biji. Pemain yang bisa menempatkan tiga bijinya dalam satu garis (vertikal, horizontal, dan diagonal), itulah pemenangnya. Metode ini dapat membantu siswa untuk memahami materi istima’ dengan mudah dan semangat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media game xo untuk meningkatkan maharah istima’ siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Kertosono Nganjuk.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi dengan mengambil sampel 26 siswa dari kelas XI.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan game XO mampu meningkatkan kemampuan istima’ siswa kelas XI MAN Kertosono Nganjuk.
Kesimpulan hasil penelitian ini dihitung dengan rumus t-test N=26, a= 0,05, = 2,060 5,8 > 1,708 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima.
Dengan hasil tersebut, ditemukan bahwa pembelajaran bahasa Arab dengan media game XO dapat meningkatkan kemampuan istima’ siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Kertosono. Sebagian besar siswa di kelas XI A ini mendapatkan nilai yang baik setelah mengunakan permainan XO pada pembelajaran istima’. Mereka jadi lebih senang dan semangat dalam belajar
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Muhammad Nu’man | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Arab Pendidikan Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Game Xo; Istima’; Media; Pembelajaran; Bahasa Arab | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 05 Jan 2016 08:50 | ||||||
Last Modified: | 05 Jan 2016 08:50 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3083 |
Actions (login required)
View Item |