This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Muiz, Abdul (2010) Efektifitas strategi pembelajaran Kooperatif Group Investigation terhadap peningkatan aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh di Madrasah Aliyah Bilingual Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.
Text
Abdul Muiz_D01206180.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelalcangi semakin berkembangnya inovasi penggunaan strategi pembelajaran akhir-akhir ini. Strategi pembelajaran kooperatif Group Investigation termasuk salah satu strategi pembelajaran yang sudah banyak diterapkan di lembaga-lembaga penclidikan. Tetapi dalam penggunaan strategi pembelajaran tersebut, perlu diperhatilcan apakah penerapan strategi pembelajaran tersebut efektif atau tidak. Oleh karena itu, peneliti merumuskan beberapa rumusan masalah untuk dijawab melalui rangkaian penelitian. Pertama, bagaimana penerapan strategi pembelajaran kooperatif Group Investigation dalam proses pembelajaran Fiqh. Kedua, bagaimana aktifitas belajar siswa di Madrasah Aliyah Bilingual Krian Sidoarjo. Ketiga, bagaimana efektifitas penerapan strategi pembelajaran kooperatif Group Investigation terhadap peningkatan aktifitas belajar siswa di Madrasah Aliyah Bilingual Krian Sidoarjo. Untuk menjawab permasalahan yang dirumuskan, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, doktunentasi dan wawancara. Pada rumusan masalah yang pertama diperoleh jawaban bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif Group Investigation masuk kategori sangat baik ketika diterapkan di Madrasah Aliyah Bilingual Krian Sidoarjo dengan skor 77,08%. Sedangkan pada rumusan masalah yang kedua diperoleh jawaban bahwa adanya peningkatan aktifitas belajar siswa setelah diterapkannya strategi pembelajaran kooperatif Group Investigation masuk kategori sangat baik ketilca diterapkan di Madrasah Aliyah Bilingual Krian Sidoarjo dengan skor 77,5%. Sedanglcan pada rumusan masalah yang ketiga, setelah menganalisa data yang sudah ada, maka diperoleh kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif Group Investigation efektif terhadap peningkatan aktifitas belajar siswa di Madrasah Aliyah Bilingual Krian Sidoarjo. Hal tersebut dibuktikan melalui serangkaian uji"t" yang dilakukan, dimana hasil dan i uji"t" menyatakan bahwa ada perbedaan hasil aktifitas belajar siswa antara kelompok yang menggunakan strategi pembelajaran kooperatif Group Investigation dengan yang tidak menggunakan strategi pembelajaran tersebut. Hal itu dapat dilihat dan i hasil alchir pada taraf signifikan 5% dan i derajat kebebasan 21, ternyata besar angka baths penolalcan hipotesa nol ditunjulkan dalam table nilai "t" adalah 1,721. Kenyataan ini menunjuldcan bahwa nilai "t" yang telah diperoleh dalam penelitian sebesar 2,75 yang merupakan angka yang lebih besar dari t table. Sehingga hipotesa kerja (Ha) diterima dan hipotesa no! (Ho) ditolak.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar |
||||||
Keywords: | Kooperatif Group Investigation | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Mr. Supriyatno Hary | ||||||
Date Deposited: | 08 Apr 2019 03:22 | ||||||
Last Modified: | 08 Apr 2019 08:10 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30955 |
Actions (login required)
View Item |