This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ningsih, Erlin Indaya (2015) PEMBARUAN METODE PEMBELAJARAN KITAB KUNING DIPONDOK PESANTREN SALAF SIDOGIRI : ANALISIS TERHADAP METODE AL-MIFTAH LIL ULUM MELALUI PROGARAM TARBIYAH I’DADIYAH. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (603kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (431kB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) |
||
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (185kB) | Preview |
Abstract
Dalam konteks pendidikan di Pesantren, pembelajaran kitab kuning merupakan wahana untuk menyalurkan dan mengkaji karya para ulama’ dan cendikia muslim yang dilakukan oleh pesantren sebagai upaya untuk menididik santri sebagai penerus generasi islam dimassa yang akan datang baik dibidang pemikiran maupun moral. Ironisnya, pembelajaran kitab kuning ini sering kali masih menjadi persoalan karena tradisi proses belajar mengajar masih terbiasa dengan budaya oral dan tulisan, hal ini diakibatkan karena metode pengajarannya yang kurang tersetruktur dan tertata secara sistimatik, al-Miftah Lil Ulum merupakan bentuk inivasi yang dilakukan oleh lembaga, sebagai upaya untuk menjaga tradisi penguasaan kitab kuning yang merupakan ciri khas dari Pesantren. Metode ini tetap mengacu pada matan Al-Jurmiyah sehingga tidak memunculkan metode dan istilah baru. Oleh karena itu, peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian terkait dengan Pembaruan Metode Pembelajaran Kitab Kuning dengan mengambil lokasi penelitian Di Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan, dimana Pesantren ini merupakan salah satu Pesantren salaf yang melakukan pembaruan Metode pembelajaran bagi anak usia dini.
Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pembaruan metode pembelajaran kitab kuning dipondok Pesantren Sidogiri, bagaimana penerapan metode al-Miftah Lil Ulum di Madrasah Tarbiyah I’dadiya serta bagaimana dampakk pembelajaran metode al-Mifta>h Lil Ulu>m terhadap hasil belajar santri.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan teknik wawancara, observasi, dokumentasi.
Dari penelitian tersebut diperoleh hasil, yaitu Pertama upaya pembelajaran kitab kuning dipesantren Sidogiri, ditunjukkan oleh beberapa idikator, diantaranya: membuka lembaga pendidikan Tarbiyah I’dadiyah, melahirkan metode al-Mifta>h Lil Ulu>m, menyediakan guru Khusus unuk mendampingi murid selama 24 JamKedua, Penerapan metode pembelajaran al-Miftah Lil Ulum dilakukan dengan beberapa langkah diantaranya: menggunakan sistem ketuntasan jilid tiap jilid normalnya ditempuh 25 hari dikombinasi denga lagu anaka-anak, perpindahan dari satu jilid ke jilid lainnya melalui dua tahap tes: tes di daerah sendiri, dan tes oleh BATARTAMA Ketiga, Metode pembalajaran al-Miftah Lil Ulu>m terhadap hasil belajar santri memiliki damapk yang cukup positif dan signifikan terhadap penguasaan baca kitab santri, hal ini tampak dari penguasaan dan kecakapan dalam membaca kitab Fathul Qarib dengan dalil Nahwu-Sharraf dan hafal Matan Fathul Qarib sesuai dengan Target.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Hanun Asrohah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem |
||||||
Keywords: | Metode Pembelajaran; Kitab Kuning; Pesantren | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 07 Jan 2016 03:33 | ||||||
Last Modified: | 07 Jan 2016 03:33 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3096 |
Actions (login required)
View Item |