This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Farkhan, Dodik Ali (2011) Implementasi model Pembelajaran Demokratis pada mata pelajaran PAI di SMPN I Kudu Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Dodik Ali Farkhan_D01205107.pdf Download (2MB) |
Abstract
Seiring diberlakukannya kurikulum 2004 yalcni KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi), yang kemudian disempurnakan melalui KTSP 2006 (Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan), yang dalam pelaksanaannya menuntut adanya perubahan paradigma dalam pendidikan dan pembelajaran, khususnya pada jenjang pendidikan formal (sekolah). Salah satu perubahan paradigma pembelajaran di Indonesia adalah tentang orientasi pembelajaran yang semula berpusat pada guru (teacher centered) beralih menjadi berpusat pada siswa (student centered); metodologi yang semula lebih didominasi ekspositori kini menjadi partisipatori; dan pendekatan yang semula lebih bersifat tesktual berubah menjadi kontekstual. Salah satu model pembelajaran yang sesuai prinsip KTSP adalah model pembelajaran demokratis dimana selama proses pembelajaran dikemas dengan pola dialogis, aktif-partisipatif dimana siswa merupakan pelaku utama pembelajaran dan guru hanya sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran. Dari paparan tersebut peneliti tertarik untuk meneliti tentang implementasi model pembelajaran demokratis pada matt pelajaran PAI di SMPN I Kudu-Jombang untuk mengetahui, bagaimana aktivitas siswa selama pembelajaran, bagaimana keterlaksanaan pembelajaran, bagaimana ketuntasan hasil belajar siswa, dan bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran demokratis? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunalcan teknik the oneshot case-study yang bertujuan untuk mendeslcripsikan alctifitas siswa selama pembelajaran, keterlaksanan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar siswa, dan respon siswa terhadap model pembelajaran demokratis. Penelitian ini dilaksanakan dikelas 8E SMPN I Kudu-Jombang pada semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 41 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes dan metode angket Metode obserfasi digunakan untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa dan keterlaksanaan pembelajaran, metode tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa. metode angket digunakan untuk mengetahui respon siswa. Kemudian data penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa yang paling banyak dilakukan siswa selama pembelajaran berlangsung adalah Mendiskusikan materi pembelajaran dengan kelompoknya sebesar 25%, dan jumlah prosesntase aktivitas siswa aktif lebih besar dari aktivitas siswa tidak aktif yang berarti pembelajaran berlangsung aktif. Keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran demokratis 100% terlalcsana, sehingga keterlaksanaan pembelajaran dikatalcan positifketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 92,68%, sehingga dapat dikatakan siswa telah menguasai materi pelajaran. Sedangkan respon siswa terhadap pembelajaran secara keseluruhan adalah positif. Dan i uraian hasil penelitian didatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran demokratis bisa diaplikasikan dalam pembelajaran PAI di sekolah khususnya setingkat SMP.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran | ||||||
Keywords: | Pembelajaran Demokratis; siswa aktif | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Mr. Supriyatno Hary | ||||||
Date Deposited: | 10 Apr 2019 04:06 | ||||||
Last Modified: | 11 Apr 2019 10:09 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31017 |
Actions (login required)
View Item |