FA’ALIYAH TATHBIQ USLUB AL DURIYAH AL YAUMIYAH LI TARQIYAH MAHARAH KITABAH AL LUGHAH AL ARABIYAH LU THULAB AL SHAF AL KHAMIS BI MADRASAH MIFTAHUL HIKMAH AL IBTIDAIYAH BLOOTO MOJOKERTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahsaniyah, Ivadatul (2015) FA’ALIYAH TATHBIQ USLUB AL DURIYAH AL YAUMIYAH LI TARQIYAH MAHARAH KITABAH AL LUGHAH AL ARABIYAH LU THULAB AL SHAF AL KHAMIS BI MADRASAH MIFTAHUL HIKMAH AL IBTIDAIYAH BLOOTO MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (544kB) | Preview

Abstract

Ketrampilan menulis merupakan ketrampilan paling tinggi dan sulit bila dibandingkan dengan ketranpilan-ketrampilan lainnya dalam bahasa Arab. Ketrampilan ini merupakan ketrampilan dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Akan tetapi, ketrampilan menulis ini merupakan ketrampilan yang sangat penting dalam setiap proses pembelajaran. Ketrampilan menulis ini merupakan ketrampilan berbahasa Arab yang memiliki kemampuan agar siswa mampu untuk menulis dengan baik.
Sesunnguhnya ketrampilan menulis yang dimiliki oleh setiap murid di kelas lima di MI Miftahul Hikmah Blooto Mojokerto adalah berbeda satu dengan yang lainnya. Adakalanya mereka mampu menulis dengan baik namun adakalanya juga sebagian dari mereka belum mampu untuk menulis dengan baik.Hal ini disebabkan oleh kurangnya minat mereka dalam mempelajari bahasa Arab khususnya ketrampilan menulis. Hal ini dipicu oleh kurang sesuainya teknik pembelajaran yang digunakan. Oleh karena itu, untuk memberikan mereka kemudahan dalam usaha untuk meningkatkan ketrampilan menulis mereka, peneliti menggunakan teknik jurnal harian yaitu suatu praktik penulisan atau pencatatan pada sebuah kertas (atau halaman pada suatu buku jurnal) tentang kumpulan pemikiran, pamahaman, dan penjelasan tentang sebuah gagasan atau konsep. Hal ini bertujuan agar para murid mampu meningkatkan ketrampilan menulis mereka serta mampu menambah semangat meraka untuk mempelajari bahasa Arab terutam ketrampilan menulis.
Adapun tujauan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketrampilan menulis para murid di kelas lima di MI Miftahul Hikmah Blooto Mojokerto dan penerapan teknik jurnal harian pada siswa kelas lima di MI Miftahul Hikmah Blooto Mojokerto serta untuk mengetahui efektifitas penerapan teknik jurnal harian pada siswa di MI tersebut.
Adapun metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode kwantitatif yaitu suatu metode dengan pendekatan deduktif-induktif. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah: observasi, wawancara, dokumentasi dan tes.
Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwasanya setelah penerapan teknik jurnal harian, ketrampilan menulis para siswa di kelas lima di MI Miftahul Hikmah Blooto Mojokerto mengalami peningkatan sebanyak 59,1% dari jumlah siswa. Adapun efektifitas penerapan teknik jurnal harian untuk meningkatkan ketrampilan menulis pada murid kelas lima di Mi Miftahul Hikmah Blooto Mojokerto adalah signifikan dengan berada pada nilai 0,6890

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ainun Syarifah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahsaniyah, IvadatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Keterampilan
Pendidikan
Keywords: Ketrampilan; Menulis; Jurnal Harian
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Jan 2016 09:05
Last Modified: 08 Jan 2016 09:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3127

Actions (login required)

View Item View Item