This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Pratiwi, Asri Cahya (2019) Pengembangan modul baca Al-Qur'an berupa Scrapbook untuk meningkatkan motivasi belajar seorang anak Tunagrahita di Desa Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Asri Cahya Pratiwi_B93215097.pdf Download (1MB) |
Abstract
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses pengembangan modul baca alqur’an berupa scrapbook untuk meningkatkan motivasi belajar seorang anak tunagrahita di Desa Waru-Sidoarjo? 2) Bagaimana hasil pengembangan modul baca al-qur’an berupa scrapbook untuk meningkatkan motivasi belajar seorang anak tunagrahita di Desa Waru-Sidoarjo? Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development), dengan analisis data kualitatif, yaitu peneliti membandingkan teori dengan praktik di lapangan mengenai proses dan hasil pengembangan modul baca al-qur’an berupa scrapbook untuk meningkatkan motivasi belajar seorang anak tunagrahita. Sementara pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, serta dokumentasi. Adapun proses pengembangan produk dilakukan sesuai dengan prosedur penelitian dan pengembangan menurut RM Branch, terdiri 5 tahapan yaitu: analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evalution). Berdasarkan penyajian data dan analisis data yang telah diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul baca al-qur’an berupa scrapbook untuk meningkatkan motivasi belajar ini menggunakan modul berjudul “Modul Pembelajaran Al-Qur’an” cukup berhasil meningkatkan motivasi belajar seorang anak tunagrahita di Desa Waru-Sidoarjo. Hal ini dapat dilihat dari hasil checklist pengukuran motivasi belajar yang diberikan sebelum dan sesudah proses konseling. Adapun indikator tersebut: Senang terhadap modul pembelajaran (skala 4), Senang terhadap pembimbing (skala 3), Senang mengikuti instruksi dari pembimbing (skala 3), Tertarik terhadap modul baca Al-Qur’an (skala 3), Rasa ingin tahu yang besar (skala 2), Tertarik pada konselor (skala 3), Tertarik dengan apa yang diajarkan (skala 3), Antusias dalam proses belajar (skala 3), Semangat untuk mengikuti proses belajar (skala 3), Kemauan konseli untuk mengikuti instruksi pembimbing (skala 3), Kemauan konseli untuk menerima reward (skala 5), Kesadaran konseli untuk mau belajar (skala 3), Memperhatikan penjelasanpembimbing (skala 3), Selalu mengikuti instruksi yang diberikan (skala 4), Dapat mengenali huruf Al-Quran (skala 3), Dapat mengingat huruf Al-Qur’an pembimbing (skala 3), Dukungan dari orang tua (skala 5), Pemberian reward Dukungan dari orang tua (skala 4), Media belajar (skala 4). Hal ini juga diperkuat dengan perubahan perilaku konseli yang awalnya jika diajak untuk belajar selalu menolak dan setelah pelaksanaan proses konseling, konseli mau untuk belajar.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bimbingan Belajar Bimbingan Al Qur'an |
||||||
Keywords: | Modul Baca A-Qur’an; Scrapbook; Motivasi Belajar; Anak Tunagrahita | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam | ||||||
Depositing User: | Pratiwi Asri Cahya | ||||||
Date Deposited: | 22 Apr 2019 02:57 | ||||||
Last Modified: | 22 Apr 2019 02:57 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31529 |
Actions (login required)
View Item |