PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM PENDIDIKAN AKHLAK SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NASHRUDDIN SUMURBER PANCENG GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musta'in, Musta'in (2012) PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM PENDIDIKAN AKHLAK SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NASHRUDDIN SUMURBER PANCENG GRESIK. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (623kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

Kasus dekadensi moral dikalangan para remaja dan siswa saat ini sangat memprihatinkan berbagai kalangan baik, guru, orang tua maupun masyarakat. Banyak prilaku anak dan remaja telah melanggar norma-norma agama, seperti: berkurangnya rasa hormat kepada orang tua dan guru, menurunya semangat belajar, tindak kekerasan hubungan antar jenis yang melampui batas, gemar melihat gambar porno, pengguna narkoba dan tawuran anatar pelajar. Menyadari hal ini maka pihak pengelola lembaga pendidikan di lingkungan Madrasah Tsanawiyah Nashruddin Sumurber. berupaya membina akhlak siswa yang baik untuk mengantisipasi agar dekadensi moral tersebut tidak terjadi pada anak-anak didikanya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pendidikan akhlak yang diterapkan di Madrasah Tsanawiyah Nashruddin, dengan sub fokus penelitian: (1) Peran orang tua dan guru dalam proses pendidikan akhlak siswa, (2) Pola pendidikan akhlak siswa di Madrasah Tsanawiyah Nashruddin
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, pengamatan berpartisipasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, analisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi, dan mengadakan member check. Informan penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru, dan orang tua.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) akhlak siswa yang dikembangkan di Madrasah Tsanawiyah Nashruddin bersumber dari nilai-nilai yang meliputi: Nilai akhlak dalam hubungannya dengan Tuhan/Religiusitas, Nilai akhlak dalam hubungannya dengan diri sendiri, Nilai kakhlak dalam hubungannya dengan sesama dan lingkungan, dan Nilai kebangsaan. (2) pola pembentukan akhlak siswa di Madrasah Tsanawiyah Nashruddin diselenggarakan dengan pendekatan terpadu yang bertumpu pada tiga pilar/komponen, yaitu Pengembangan program dan kebijakan sekolah, program pembelajaran, kemitraan dengan wali siswa.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan yang berupa proposisi, (1) apabila pendidikan akhlak didasarkan pada visi dan misi yang jelas, rumusan akhlak dasar yang detail, prinsip-prinsip yang kuat dan metode-metode yang tepat, maka akan berjalan secara efektif dan efisien. (2) bahwa apabila pola pendidikan akhlak di dasarkan pada pendekatan terpadu, dengan melibatkan peran dan tanggung jawab semua komponen pendidikan di sekolah dan peran sera orang tua di rumah, maka akan berjalan efektif dan efisien.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Masdar Hilmy
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musta'in, Musta'inUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Pendidikan Islam
Keywords: Peran Orang Tua; Guru; Akhlak; Pendidikan Akhlak; MTs;
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Jan 2016 01:59
Last Modified: 13 Jan 2016 01:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3186

Actions (login required)

View Item View Item