This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Prasdana, Ahmad Zenno (2015) REPRESENTASI SIMBOL TIKUS & UANG PADA VIDEO KLIP LAGU HOUSE OF GREED OLEH GROUP BAND BURGERKILL. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (787kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (274kB) | Preview |
Abstract
Ada dua persoalan yang hendak dikaji dalam penelitian ini, yaitu : (1) Apa penanda dan petanda pada video klip Group Band Burgerkill berjudul “House of Greed”, (2) Apa makna simbol tikus dan uang pada Video klip Group Band Burgerkill berjudul “House of Greed”.
Untuk mengungkap masalah tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakanlah metode kualitatif deskriptif yang berguna untuk memerikan fakta dan data mengenai video klip Group Band Burgerkill yang berjudul “House of Greed”, kemudian data tersebut dianalisis secara kritis dengan dasar pemikiran Saussan Langer, juga semiotika dari Charles Sander Pierce sehingga diperoleh makna yang mendalam tentang video klip tersebut.
Dari Hasil penelitian ini ditemukan bahwa, (1) simbol tikus dan uang sangat terkait dengan pola hidup seoramg pelaku koruptor, ia tidak memandangbarang yang akan di makannya, mulai dari anggaran dana soial, pendidikan, transportasi, dan masih banyak yang lain, (2) Menurut Langer, kehidupan binatang diatur oleh perasaan (feeling), tetapi perasaan manusia diperantarai oleh sejumlah konsep, simbol, dan bahasa. Binatang memberikan respons terhadap tanda, tetapi manusia membutuhkan lebih dari sekedar tanda, tetapi manusia membutuhkan simbol.
Bertitik tolak dari penelitian ini, saran yang dapat membantu obyek kajian dalam semiotika komunikasi adalah, (1)Semiotika merupakan metode kajian yang membutuhkan wawasan yang sangat luas untuk bisa mendapatkan kajian yang mendalam. Untuk itu, disarankan kepada peneliti-peneliti lain yang mengambil fenomena yang terkait dengan semiotika untuk memperbanyak wacana-wacana yang berkaitan dengan objek analisisnya, (2) Pemilihan video klip yang akan diteliti sebaiknya banyak bermuatan pesan – pesan yang berhubungan dengan nilai – nilai moral.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | A.M. Moefad | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Ilmu Komunikasi | ||||||
Keywords: | Simbol; Video Klip; Burgerkill | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi | ||||||
Depositing User: | Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2016 01:51 | ||||||
Last Modified: | 13 Jan 2016 01:51 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3191 |
Actions (login required)
View Item |