This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Aini, Nur (2014) IMPLEMENTASI AUTHENTIC ASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SDN GADING I SURABAYA. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (927kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (330kB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) |
||
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (703kB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (272kB) | Preview |
Abstract
Mulai Tahun pelajaran 2013/2014, pemerintah telah memberlakukan Kurikulum baru yang disebut Kurikulum 2013. Perubahan mendasar tersebut dengan sendirinya menuntut dan mempersyaratkan berbagai perubahan pada komponen-komponen pendidikan lainnya. Mulai dari standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, dan bahkan standar penilaian pun juga mengalami perubahan. Perubahan dalam Standar Penilaian adalah penggunaan penilaian otentik dalam evaluasi pembelajaran.
Dilihat dari judul penelitian yang penulis teliti yaitu “Implementasi Authentic Assessment pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Berdasarkan Kurikulum 2013 Di SDN Gading I Surabaya” maka Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan fenomenologi dalam usaha mengungkap fenomena pelaksanaan penelitian otentik pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti yang dilakukan oleh guru PAI di SDN Gading I dalam rangka mengimplementasikan kurikulum 2013 kemudian dianalisis berdasarkan konsep penilaian dalam Permendikbud No. 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Penelitian ini menggambarkan pelaksanaan penilaian otentik (Authentic Assessment) yaitu penilaian yang dilakukan secara komperhensif untuk menilai aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan mulai dari masukan (input), proses, sampai keluaran (output) pembelajaran dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SDN Gading I yang telah mengimplementasikan Kurikulum 2013. Di SDN Gading I, Kompetensi aspek sikap dinilai dengan cara observasi, penilaian diri, penilaian antar teman dan jurnal guru. Kompetensi pengetahuan dinilai dengan cara tes tulis dan tes lisan. Sedangkan kompetensi keterampilan dinilai dengan cara kinerja, produk, proyek dan portofolio. Hasil penelitian menunjukkan berbagai metode penilaian telah diimplementasikan dengan baik pada pembelajaran kelas I dan kelas IV sebagaimana dalam lembar observasi penelitian.
Sedangkan hasil analisis rumusan masalah kedua diketahui bahwa dalam pelaksanaan penilaian otentik (Authentic Assessment) pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berdasarkan Kurikulum 2013 di SDN Gading I terdapat beberapa faktor pendukung yang dapat membantu memperlancar pelaksanaan penilaian dan faktor penghambat yang mempersulit pelaksanaan penilaian. Faktor pendukung berasal dari guru PAI dan kepala sekolah yang berkompeten, siswa yang aktiv, rapor online, wali murid kooperatif serta sarana prasarana memadai. Sedangkan faktor penghambat berasal dari guru yang berusia lanjut, jumlah murid banyak, platihan K-13 kurang dan wali murid yang belum mengenal Kurikulum 2013
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Evi Fatimatur Rusdiyah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Kurikulum | ||||||
Keywords: | Budi Pekerti; Akhlak; Kurikulum 2013; PAI; | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2016 03:53 | ||||||
Last Modified: | 13 Jan 2016 03:53 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3204 |
Actions (login required)
View Item |