This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hasanah, Nur (2010) Pengaruh metode Amtsilati terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada materi Fiqih di Madrasah Aliyah al-I'dadiyyah Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Nur Hasanah_D01206212.pdf Download (3MB) |
Abstract
Prestasi belajar merupakan tujuan pembelajaran di suatu lembaga pendidikan. Secara nasional tujuan pembelajaran dibakukan dalam kurikulum. Sedangkan tujuan tiap-tiap lembaga dan materi pelajaran ditentukan oleh lembaga yang bersangkutan. Lembaga pendidikan satu dengan lembaga pendidikan lainnya ada perbedaan tergantung dan i visi dan misi masing-masing lembaga. Madrasah Aliyah Al-Fdadiyyah Bahrul Ulum (MAI-BU) yang berlokasi di tambak beras Jombang memiliki visi: "Mencetak anak didik beriman, berilmu, berakhlaqul karimah, dinamis, kreatif dan mandiri" dan memiliki visi: 1) membekali anak didik mahir ilmu agama yang berbasis kitab kuning (salaf) dengan pendekatan kekinian. 2) membekali anak didik mahir berbahasa arab dan bahasa inggris. 3)membekali anak didik agar lulus ujian nasional dengan nilai memuaskan. Dan 4)membina anak didik agar mampu mengembangkan din i dan keterampilan untuk mandiri. Jika melihat visi dan misi yang telah terprogram di MAI-BU khususnya misi "membekali anak didik mahir ilmu agama yang berbasis kitab kuning (salaf) dengan pendekatan kekinian", dengan ikhlas dan profesional, guru telah memberikan pengajaran yang lebih intensif terhadap pengajaran ilmu agama dengan kitab kuning. Sehingga MAI-BU memberilcan Pengajaran tentang Pembelajaran Kitab Kuning dengan memakai Metode Amtsilati. Dalam penelitian ini, masalah yang diangkat adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan Pembelajaran kitab kuning (Metode Amtsilati) di MAI Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang? 2) Bagaimana Prestasi Belajar siswa pada Mata pelajaran Fiqih semester Ganjil dan Gasal di MAI Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang? 3)Adakah pengaruh penerapan Metode Amtsilati terhadap Prestasi siswa pada Mata pelajaran Fiqih di MAI Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang? Sedangkan Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Berdasarkan analisis pelaksanaan pembelajaran metode amtsilati yang mana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang meliputi, pendahuluan, kegiatan inti/materi, evaluasi, penutup serta pengelolaan waktu dan suasana kelas mendapatkan jumlah rata-rata keseluruhan dan i hasil observasi sebesar 3, 42. Sedangkan Peningkatan prestasi belajar siswa yang terbilang baik dibuktikan dengan hasil raport belajar dengan skor nilai rata-rata yang pada semester ganjil 7,6 menjadi 7,9 pada semester genap. Sedangkan pada Pembelajaran metode amtsilati, mempunyai pengaruh positif pada peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA AlI'dadiyyah Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang, hal ini dapat dibuktikan dengan hasil analisis data yang tersebar dan di hitung dengan rumus regresi tinier yang mendapatkan hasil Y = 4,0808 + 0,0732 X, Jadi dapat dikatakan bahwa "Ho" di tolak dan "Ha" diterima yakni ada pengaruh antara pelaksanaan metode amtsilati dengan peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Al-I'dadiyyah Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem Pendidikan > Prestasi Belajar |
||||||
Keywords: | Metode Amtsilati | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Mr. Supriyatno Hary | ||||||
Date Deposited: | 13 Jun 2019 03:04 | ||||||
Last Modified: | 13 Jun 2019 03:04 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32139 |
Actions (login required)
View Item |