This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rahmah, Ainur (2010) Efektifitas penerapan Rote Learning dalam peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur'an Hadist kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Gadung Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Ainur Rahmah_D01206178.pdf Download (2MB) |
Abstract
Setiap individu memiliki kondisi internal, dimana kondisi internal tersebut turut berperan dalam aktivitas dirinya sehari-hari. Salah satu dari kondisi internal tersebut adalah "motivasi". Motivasi adalah dorongan dasar yang menggerakan seseorang bertingkah laku. Sedangkan rote learning merupakan salah satu pendekatan terhadap pengajaran siswa akan strategi dan metode belajar. Rote learning adalah bagian dari model pembelajaran kebermaknanan, yang meliputi dua dimensi yaitu: Dimensi belajar menerima (reception learning) dan menemukan (discovery learning), yang kedua adalah dimensi menghafal (rote learning) dan belajar bermakna (meaningful learning). Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaiman a penerapan rote learning pada mata pelajaran Al Qur'an Hadist kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Gadung Surabaya. (2) Bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur'an Hadist kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Gadung Surabaya. (3) Bagaimana penerapan rote learning dalam peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur'an Hadist kelas XI di SMA muhammadiyah 3 Gadung Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI yang kemudian diambil sampel sebanyak 70 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas, yakni kelas XI IPA sebagai kelas eksperimen dan XI IPS sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kuantitatif, sehingga hasil yang diperoleh adalah berupa angka dan i hasil perhitungan. Penerapan rote learning menggunakan rumus mean yang diperoleh melalui hasil observasi kemampuan guru. Sedang untuk efektifitas penerapan rote learning dalam mata pelajaran Al Qur'an Hadist di SMA Muhammadiyah 3 Gadung-Surabaya. Peneliti menggunakan teknik analisa data uji t. Berdasarkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan rote learning selama tiga pertemuan dengan nilai rata-rata 3,6 yang berarti sangat baik. Hasil analisis untuk angket motivasi belajar siswa dengan nilai rata-rata 65 yang berarti cukup. Sedangkan berdasarkan analisis data statistik menggunakan uji t diperoleh maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan rote learning efektif dalam hitung> ttabel, meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur'an Hadist kelas XI di SMA Muhammadiyah 2 Gadung Surabaya. Hal tersebut dapat dilihat berdasar hasil analisis data statistik dengan perhitungan uji t dengan hasil t.hitung = 26,226 >t.tabel : 1,98
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran Motivasi Belajar Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem |
||||||
Keywords: | Rote Learning | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Mr. Supriyatno Hary | ||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2019 06:40 | ||||||
Last Modified: | 24 Jun 2019 06:40 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32247 |
Actions (login required)
View Item |