This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Siti, Muzaroah (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBUAT KARANGAN SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN GAMBAR SERI YANG RELEVAN PADA SISWA KELAS V DI MI DARUL MUTA’ALLIMIN PATIANROWO NGANJUK TAHUN 2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Abstrak.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
cover.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (355kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (801kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (178kB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan sorang guru dalam mengajar akan terlihat dari tercapainya target kurikulum yang telah ditentukan. Tercapainya target kurikulum bisa dilihat dari evaluasi yang diberikan kepada siswa. Apabila evaluasi bisa diselesaikan siswa dengan baik, berarti target kurikulum tercapai. Dengan kata lain guru dikatakan berhasil bila pembelajaran yang diberikan bisa dikuasai anak. Tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan atau memberi tanggapan. Keberhasilan siswa juga dilihat melalui nilai yang diperoleh. Ternyata pada ulangan harian yang dilaksanakan oleh guru khususnya tentang kompetensi dasar “Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda titik”, memperlihatkan nilai-nilai yang diperoleh siswa rendah. Dari 25 siswa yang mendapat nilai 70 ke atas hanya 6 siswa, sedangkan 19 siswa masih 60 ke bawah.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Pelaksanaan penggunaan Gambar Seri Pelajaran Mengarang pada Siswa Kelas 5 ? 2) Apakah dengan menggunakan gambar seri itu dapat meningkatkan kemampuan mengarang pada siswa kelas 5 ?
Untuk memperoleh hasil penelitian, penelitian dilakukan dengan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model PTK yang digunakan yaitu model John Elliot yang dalam dua siklus terdiri dari empat komponen, meliputi: Perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik mengumpulkan data yang digunakan adalah 1) Tes, instrumen yang digunakan yaitu Kisi-kisi butir soal 2) Observasi, instrumen pengumpulan datanya adalah lembar Aktivitas guru dan aktivitas siswa 3) Wawancara, menggunakan instrumen format panduan wawancara dan 4) Dokumentasi untuk mengumpulkan data arsip nilai ulangan harian Pra tindakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pelaksanaan penggunaan Gambar seri pelajaran mengarang pada siswa kelas V MI berjalan dengan baik, hal ini dikarenakan variasi pembelajaran dan metode yang digunakan. Dimana guru mampu mengkombinasikan dan mengkreasikan gambar seri pada pelajaran mengarang dengan baik. Sehingga siswa dapat memaksimalkan kemampuan mereka dalam pembelajaran. Hal ini di buktikan dengan hasil observasi kegiatan guru pada siklus I adalah 79,62 (Baik) dan siklus II adalah 91,66 (Sangat Baik) sedangkan hasil aktivitas siswa siklus I adalah 69,73 (Cukup Baik) siklus II adalah 84,21 (Baik). 2. Penggunaan gambar seri dapat menggunakan kemampuan mengarang pada siswa kelas V MI Darul Muta’allimin. Prosentase ketuntasan belajar dapat diselesaikan siklus I mencapai 80%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 96%. Sehingga terjadi peningkatan sebesar 16%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Sihabuddin | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Guru Pendidikan |
||||||
Keywords: | Kemampuan Siswa; Karangan Sederhana; Gambar Seri | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Mr Sulaiman Sulaiman | ||||||
Date Deposited: | 14 Jan 2016 08:28 | ||||||
Last Modified: | 14 Jan 2016 08:28 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3277 |
Actions (login required)
View Item |