This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ningsih, Astutik (2014) POLA ASUH DALAM PERKEMBANGAN MOTIVASI BELAJAR : STUDI KASUS PADA ANAK USIA 10-12 TAHUN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pola asuh dalam perkembangan motivasi belajar dan manfaat pola asuh orang tua dalam perkembangan motivasi belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yakni Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini memfokuskan pada pola asuh dalam perkembangan motivasi belajar (studi kasus pada anak usia 10-12 tahun) yakni untuk mengetahui gambaran pola asuh orang tua dalam perkembangan motivasi belajar dan manfaat pola asuh orang tua dalam motivasi belajar. Dari hasil penelitian diketahui bahwa orang tua sempat menerapkan pola asuh yang berbeda dalam perkembangan subjek, awalnya orang tua menerapkan pola asuh permisif sejak kecil sampai dengan kelas III Madrasah Ibtidayah, melihat prestasi belajar subjek yang rendah pada saat subjek kelas IV, orang tua menerapkan pola asuh otoriter yang di ikuti perubahan prestasi subjek menjadi lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pola asuh otoriter tidak selalu menghasilkan dampak yang negative terhadap anak, akan tetapi hal tersebut bisa menjadi solusi yang tepat saat dibutuhkan seperti pada penelitian ini, jadi pola asuh otoriter dapat memberikan manfaat positif bagi anak usia 10-12 tahun untuk motivasi belajarnya, tergantung bagaimana orang tua menempatkan ketiga pola asuh tersebut sesuai dengan kebutuhan, kondisi dan keadaan anak itu sendiri. Dan manfaatnya adalah perkembangan motivasi belajar subjek tergolong baik, hal tersebut ditandai dengan kedisiplinan dalam diri subjek mulai tertanam, inisiatif pribadi dalam diri subjek terbentuk, motivasi belajar meningkat, pretasi subjek dikelas V meningkat dengan sangat baik, rasa menghormati dan kepatuhan terhadap orang tua dan guru mulai tumbuh.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Siti Azizah Rahayu | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Psikologi |
||||||
Keywords: | Pola Asuh; Perkembangan Motivasi Belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi | ||||||
Depositing User: | Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 06 Feb 2015 06:37 | ||||||
Last Modified: | 16 May 2019 06:40 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/328 |
Actions (login required)
View Item |