Analisis komitmen CSR Perusahaan Publik Sektor Manufaktur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dzulfikri, Muhammad Fawwaz Azmi (2019) Analisis komitmen CSR Perusahaan Publik Sektor Manufaktur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Fawwaz Azmi Dzulfikri_G72215017.pdf

Download (5MB)

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) adalah praktik bisnis yang berkembang, mencakup pembangunan berkelanjutan menjadi model bisnis perusahaan. CSR memiliki dampak positif pada sosial, ekonomi dan lingkungan. Namun, analisis komprehensif komitmen CSR masih belum mendapat perhatian besar dari para ahli ekonomi dan manajemen khusus di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komitmen dan concern (perhatian) CSR perusahaan publik sektor manufaktur di Indonesia. Metodologi yang digunakan ialah kualitatif grounded theory. Melalui purposive sampling didapatkan 149 dari 160 perusahaan (65 perusahaan sektor industri dasar dan kimiawi, 44 barang konsumen, dan 40 aneka ragam industri). Pengumpulan data dilakukan melalui akses laman web bursa efek Indonesia dengan cara mengunduh laporan tahunan periode 2017 perusahaan sampel. Pengolahan dan analisis data dilakukan menggunakan metode kualitatif grounded theory berbantuan perangkat lunak QSR®Nvivo. Hasil pengolahan dan analisis data menunjukkan bahwa perusahaan publik sektor manufaktur memiliki enam tema yang merepresentasikan komitmen terhadap CSR, yaitu corporate commitment to be best practice, customer orientation, corporate ethics, developing stakeholders, maximizing shareholders value, dan humanity. Sedangkan penekanan perhatian CSR perusahaan sektor manufaktur mencakup penegakan good corporate governance (GCG) (mis., PT. Pan Brothers Tbk.); orientasi pelanggan (mis., PT. Martina Berto Tbk.); menciptakan reputasi organisasi yang baik (mis., PT. Tiga Pilar Sejahtera Tbk.); membangun kesejahteraan bagi pemangku kepentingan (mis., PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk.); menumbuhkan profit (mis., PT. Wilmar Cahaya Indonesia Tbk.); dan mendukung aspek kemanusiaan dalam aktivitas bisnisnya (mis., PT. Argo Pantes Tbk.). Penelitian ini memberikan kontribusi ilmiah melalui penyediaan data baru mengenai komitmen dan concern CSR perusahaan manufaktur. Penelitian selanjutnya dapat berfokus pada tema baru berkaitan dengan konsentrasi operasi bisnis dari masing-masing sektor perusahaan publik dihubungkan dengan aktivitas praktis CSRnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dzulfikri, Muhammad Fawwaz Azmimuhfaw.cpa@gmail.comG72215017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis08@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akuntansi
Keywords: CSR; komitmen; penekanan; grounded theory; purposive sampling; QSR®Nvivo
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Dzulfikri Muhammad Fawwaz Azmi
Date Deposited: 29 Jul 2019 01:58
Last Modified: 29 Jul 2019 01:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32842

Actions (login required)

View Item View Item