Pengaruh sistem full day school terhadap kedisiplinan peserta didik di Sekolah Dasar (SD) Islam Al-Huda Sedayulawas Brondong Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febriyanti, Nur Afini (2019) Pengaruh sistem full day school terhadap kedisiplinan peserta didik di Sekolah Dasar (SD) Islam Al-Huda Sedayulawas Brondong Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Afini Febriyanti_D93215051.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengambil judul tentang pengaruh sistem full day school terhadap kedisiplinan peserta didik di Sekolah Dasar Islam Al-Huda Sedayulawas Brondong Lamongan. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh salah satu tujuan pelaksanaan full day school yaitu pembentukan karakter peserta didik terutama sikap disiplin sehingga sistem full day school berpengaruh terhadap kedisipinan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem full day school di SD Islam Al-Huda Sedayulawas Brondong Lamongan, kedisiplinan peserta didik di SD Islam Al-Huda Sedayulawas Brondong Lamongan, dan pengaruh sistem full day school terhadap kedisiplinan peserta didik di SD Islam Al-Huda Sedayulawas Brondong Lamongan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini berjumlah 82 peserta didik yang terdiri dari 28 peserta didik kelas IV A, 28 peserta didik kelas IV B, dan 26 peserta didik kelas IV C. Terdapat dua variabel penelitian yaitu sistem full day school (X) dan kedisiplinan peserta didik (Y). Teknik analisis data menggunakan uji one sample t test dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sistem full day school di SD Islam Al-Huda Sedayulawas Brondong Lamongan disimpulkan tergolong cukup dengan prosentase 64,9% (2) kedisiplinan peserta didik di SD Islam Al-Huda Sedayulawas Brondong Lamongan tergolong baik dengan prosentase 91,6% (3) hasil analisis menunjukkan sistem full day school berpengaruh terhadap kedisiplinan peserta didik di SD Islam Al-Huda Sedayulawas Brondong Lamongan dengan besar pengaruh 0,397. Nilai coeffisient Y = 53,148 + 0,565X (X = sistem full day school, Y = kedisiplinan peserta didik). Berdasarkan hasil t_hitung, diperoleh nilai t_hitung sebesar 3,869 > t_tabel 1,990 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel sistem full day school (X) berpengaruh terhadap variabel kedisiplinan peserta didik (Y). Sedangkan pada model summary diperoleh hasil R Square sebesar 0,158 sehingga diperoleh nilai koefisien determinasi 15,8% variabel kedisiplinan peserta didik dipengaruhi oleh sistem full day school, sisanya sebesar 84,2% dipengaruhi oleh faktor lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febriyanti, Nur Afiniafini.febriyanti@gmail.comD93215051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBawani, Imam-UNSPECIFIED
Thesis advisorFitriatin, Nurnurfitriatin@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Sistem Full Day School: Kedisiplinan Peserta Didik: Sekolah Dasar Islam Al-Huda Sedayulawas Brondong Lamongan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Febriyanti Nur Afini
Date Deposited: 05 Aug 2019 03:06
Last Modified: 05 Aug 2019 03:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32977

Actions (login required)

View Item View Item