Peranan supervisi kepala sekolah dalam pengembangan kompetensi profesional guru di Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khasanah, Tri Uswatun (2019) Peranan supervisi kepala sekolah dalam pengembangan kompetensi profesional guru di Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tri Uswatun Khasanah_D93215056.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Peranan Supervisi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai supervisi kepala sekolah di klinis yang berada di Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya, kompetensi profesional guru Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya, dan peranan supervisi kepala sekolah dalam pengembangan kompetensi profesional guru di Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya. Pendekaatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti diperolah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan di lapangan menunjukkan bahwa: 1) kegiatan supervisi dilakukan 2 kali dalam satu tahun yaitu di awal semester dan diakhir semester. Pelaksanaan supervisi, kepala sekolah dibantu oleh 2 orang wakil kepala sekolah. Penindaklanjutannya yaitu pembinaan berupa pelatihan, seminar, menulis karya ilmiah, mendorong guru untuk melanjutkan pendidikannya. Kompetensi profesional guru mendapatkan perhatian dalam kegiatan supervisi. Indikator kompetensi profesional sudah tertera dalam Permendiknas No.16 Tahun 2007. Guru di Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Pucang sudah menerapkan semua indikator dari semua kompetensi profesional ada beberapa yang mendapat nilai rendah, maka itu yang akan diberikan pembinaan. Bukan hanya guru yang kurang nilainya dari target tapi untuk semua guru didorong untuk selalu mengembangkan kompetensinya. Artinya supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah sangat berperan dalam pengembangan kompetensi profesional guru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khasanah, Tri Uswatuntriuswatun20@gmail.comD93215056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorMustofa, Aliali_mustofa76@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Supervisi Kepala Sekolah; Kompetensi Profesional Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Khasanah Tri Uswatun
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:22
Last Modified: 07 Aug 2019 04:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33159

Actions (login required)

View Item View Item