This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fadhila, Nur Amalia (2015) STUDENT TEACHERS’ ABILITY IN DESIGNING ASSESSMENT INSTRUMENT AT ENGLISH TEACHER EDUCATION DEPARTMENT UIN SUNAN AMPEL SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (745kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (127kB) | Preview |
Abstract
Assessmen atau penilaian berperan sebagai bagian dari proses pembelajaran yang
menjadi bukti dari hasil proses belajar mengajar. Mendesain assessment menjadi salah
satu tugas utama bagi seorang mahasiswa Praktek Pembelajaran Lapangan (PPL). Hal
ini akan menjadi modal bagi mereka dalam menghadapi mata kuliah selanjutnya yaitu
PPL 2. Dalam hal ini, mahasiswa PPL diharapkan mampu untuk memahami dengan
baik desain assessmen. Penelitian ini berfokus pada analisa instrumen penilaian yang
di desain mahasiswa PPL berdasarkan pada standarisasi penilaian dan juga
mengidentifikasi faktor penyebab ketidakmampuan mahasiswa dalam memenuhi
indikator dalam standarisasi tes. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif
dengan study kasus sebagai pendekatannya. Subjek penelitian ini adalah 19
mahasiswa PPL yang berasal dari 7 kelas PPL di Pendidikan Bahasa Inggris, UIN
Sunan Ampel Surabaya. Selanjutnya, dokumentasi dan wawancara digunakan sebagai
teknik pengumpulan data untuk mencapai tujuan dari penelitian ini. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa ada 6 teknik penilaian yang digunakan oleh
mahasiswa PPL; multiple choice, descriptive question, short answer, fill in the blank,
matching and true and false. Berdasarkan hasil analisis, semua assessmen yang
didesain oleh mahasiswa berkategori baik dengan rincian 47% dari mereka mampu
memenuhi semua indikator, 37% tidak mampu memenuhi 1 indikator dan 16% Dari
mereka belum memenuhi 2 dari indikator. Sedangkan faktor penyebab mereka tidak
mampu memenuhi indikator tersebut adalah, 31% dari mereka menyatakan bahwa
mereka lupa dengan indikator tersebut, 31% menyatakan bahwa indikator tersebut
tidak penting, 31% menyatakan bahwa mereka tidak tau indikator tersebut dan 7%
dari mereka tidak menyukai indikator tersebut. Jadi, dapat disimpulkan bahwa
walaupun beberapa mahasiswa PPL tidak mampu memenuhi indikator yangada,
namun assessment mereka masih dikategorikan sebagai assessmen yang baik. itu
berarti bahwa mereka mampu untuk mendesain assessmen berdasarkan standarisasi
tes.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Irma Soraya, Hernik Farisia | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Inggris Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Assessment instrument; Standardization assessment; Assessment weakness; | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris | ||||||
Depositing User: | Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 15 Jan 2016 02:10 | ||||||
Last Modified: | 15 Jan 2016 02:10 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3317 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |