This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Putri, Eky Devita (2019) Pemasaran Produk Simpanan Pelajar Islamic Bank (SimPel iB) Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah Kantor Cabang (KC) Sidoarjo dalam Perspektif Pemasaran Islami. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.
Text
Eky Devita Putri_G74215138.pdf Download (16MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Pemasaran Produk Simpanan Pelajar Islamic Bank (SimPel iB) Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah Kantor Cabang (KC) Sidoarjo dalam Perspektif Pemasaran Islami” ini merupakan hasil dari penelitian kualitatif yang memiliki tujuan untuk menjawab pertanyaan tentang (1) bagaimana pemasaran produk simpel iB Bank BRI Syariah KC Sidoarjo (2) bagaimana pemasaran produk simpel iB Bank BRI Syariah KC Sidoarjo dalam perspektif pemasaran Islami. Data penelitian dihimpun dari data wawancara mendalam dengan para tim marketing Bank BRI Syariah KC Sidoarjo dan nasabah produk SimPel iB, observasi partisipatif serta literatur pendukung yang relevan terhadap permasalahan yang peneliti angkat. Selanjutnya dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pemasaran yang digunakan oleh tim marketing Bank BRI Syariah KC Sidoarjo yaitu dengan menentukan strategi STP (segmentation, targeting dan possitioning) . Lalu, Bank BRI Syariah KC Sidoarjo juga menetapkan bauran pemasaran (marketing mix) 4 P yaitu product, price, place dan promotion. Pemasaran produk SimPel iB yang dilakukan oleh tim marketing Bank BRI Syariah KC Sidoarjo termasuk kedalam pemasaran yang berbasis pemasaran Islami. Hal tersebut dapat dikatakan karena dalam pemasaran produk SimPel iB menerapkan akad wadiah yad dhamanah dalam transaksinya dan tidak melanggar prinsip-prinsip muamalah dalam Islam. Serta telah sesuai dengan prinsip-prinsip dasar seorang pemasar. Setelah dilakukannya penelitian ditemukan suatu temuan penelitian dimana kurangnya tenaga kerja dibagian pemasaran (marketing) sehingga kurang optimalnya pemasaran dari produk SimPel iB ini dan juga kurang tepatnya target pasar yang ditentukan oleh Bank BRI Syariah KC Sidoarjo, sehingga kurang berkembangnya produk SimPel iB di kalangan pelajar Sidoarjo. Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka peneliti dapat memberikan saran kepada Bank BRI Syariah KC Sidoarjo yaitu dengan menambah tenaga kerja pada bagian pemasaran (marketing). Dengan banyaknya personil pada bagian marketing maka dapat mengoptimalkan proses pemasaran produk SimPel iB hingga ke lokasi yang jauh dari lokasi bank. Lalu, membutuhkan evaluasi lagi terkait target pasar yang ditentukan yaitu pihak bank lebih memfokuskan pada sekolah-sekolah yang keuangan dan operasionalnya terlihat stabil sehingga presentase terjalinnya kerjasama akan tinggi.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Ekonomi Islam | ||||||||
Keywords: | Pemasaran: Pemasaran Islami: Simpanan Pelajar Islamic Bank, BRI Syariah KC Sidarjo | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Putri Eky Devita | ||||||||
Date Deposited: | 06 Aug 2019 06:22 | ||||||||
Last Modified: | 06 Aug 2019 06:22 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33256 |
Actions (login required)
View Item |