This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Jannah, Roichatul (2019) Peran Kepala Sekolah dalam meningkatkan Kinerja Guru melalui Kompetensi Manajerial di Madrasah Ibtidaiyah Manbaul Ulum Bungah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
ROICHATUL JANNAH_D93215083.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kepala Sekolah yang memiliki kompetensi manajerial yang baik akan meningkatkan kinerja guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan yang terfokus pada peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru melalui penerapan kompetensi manajerial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik penguimpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan prosedur analisa data yang dimulai dari proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kompetensi manajerial kepala sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Manbaul Ulum Bungah Gresik dilakukan melalui beberapa peran. Dalam peran perencanaan, kepala sekolah mampu menyusun program kerja dan rencana kegiatan madrasah setiap tahunnya. Dalam peran Pengorganisasian, diwujudkan melalui beberapa upaya yaitu dengan melakukan pemeliharaan sarana prasarana dan fasilitas sekolah, menerapkan budaya 3S (salam, senyum, salim) dan penghijauan di lingkungan sekolah, mengimplementasikan K13 sebagai kurikulum sekolah, menyusun rencana anggaran belanja madrasah, menyediakan kegiatan ekstrakurikuler untuk peserta didik, serta mengadakan pertemuan dengan wali murid dan masyarakat setiap awal dan akhir tahun pelajaran. Dalam peran memimpin guru dan staff/karyawan dilakukan dengan membagi tugas pokok dan fungsi masing-masing serta memimpin rapat. Dan pada peran pengendalian diwujudkan melalui pelaksanaan rapat evaluasi setiap akhir tahun. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa guru di Madrasah Ibtidaiyah Manbaul Ulum Bungah Gresik memiliki kinerja yang baik. Guru mampu membuat perangkat pembelajaran, mengelola proses pembelajaran secara efektif dengan memanfaatkan media dan fasilitas sekolah, serta melakukan penilaian. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru yaitu dengan membagi tugas sesuai dengan kemampuan guru, menerapkan absensi finger print, melakukan supervisi pembelajaran, memberikan bonus gaji, memotivasi guru serta mendorong guru untuk mengikuti kegiatan pelatihan, workshop, serta MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Kepala Sekolah Manajemen Pendidikan Kepemimpinan |
||||||||||||
Keywords: | Peran Kepala Sekolah; Kompetensi Manajerial; kinerja guru | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Jannah Roichatul | ||||||||||||
Date Deposited: | 05 Aug 2019 02:44 | ||||||||||||
Last Modified: | 05 Aug 2019 02:44 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33269 |
Actions (login required)
View Item |