This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ariadin, Ageng (2015) BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI KARYAWISATA DALAM MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA KELAS IX F SMP HANGTUAH 1 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (355kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (480kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (561kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (284kB) | Preview |
Abstract
Indonesia merupakan negara yang mempunyai sifat toleransi dan budaya lokal yang turun temurun dan terjaga. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi terutama wilayah perkotaan, budaya lokal itu mulai pudar. Seiring dengan adanya pendidikan karakter untuk menjaga kearifan lokal yang telah mulai pudar. Hal ini akan menambah tindakan sosial rendah pada masa remaja. Maka sering kita melihat dan mendengar dari media cetak dan elektronik konflik antar remaja, tawuran, keacuhan, dan ketidakpedulian. Berbagai cara yang dilakukan lembaga pendidikan untuk menanamkan dan menjaga budaya lokal kepada siswanya. Salah satunya yang dilakukan oleh SMP Hangtuah 1 Surabaya, menanamkan dan mengembangkan perilaku toleransi dan tolong menolong (prososial) ini telah menjadi program melalui kegiatan karya wisata. Program ini di koordinasikan oleh guru bimbingan konseling dengan kepala sekolah, guru mata pelajaran, waka kurikulum, kesiswaan dan wali kelas. Oleh karena itu peneliti tertarik dalam melakukan penelitian yang berjudul “Bimbingan Kelompok Melalui Karyawisata Dalam Meningkatkan Perilaku Prososial Siswa Kelas IX F SMP Hangtuah 1 Surabaya”
Dari uraian tersebut penulis mengambil tiga rumusan masalah antara lain: Bagaimana penerapan bimbingan kelompok melalui karyawisata siswa kelas IX F SMP Hangtuah 1 Surabaya? Bagaimana prososial siswa kelas IX F SMP Hangtuah 1 Surabaya? Bagaimana hasil bimbingan kelompok melalui karyawisata dalam meningkatkan perilaku prososial siswa kelas IX F SMP Hangtuah 1 Surabaya?
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian kualitatif ini adalah untuk menggambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan fenomena yang ada secara mendalam, rinci, jelas dan tuntas. Hasil yang didapat adalah (1) Penerapan bimbingan kelompok melalui karyawisata siswa kelas IX F SMP Hangtuah 1 Surabaya sudah berjalanan dengan baik, dengan adanya kegiatan rutin persemester diharapkan siswa dapat menjaga kearifan lokal, (2) Kondisi perilaku prososial siwa kelas IX F SMP Hangtuah 1 Surabaya masih tergolong baik, dikarenakan tidak ada kasus yang mencapai tindakan antisosial secara umum, misalnya, perjudian, narkoba, 3) Perilaku prososial siswa kelas IX F SMP Hangtuah 1 Surabaya meningkat setelah mengikuti kegiatan bimbingan kelompok melalu karyawisata. Dengan Indikator bahwa siswa kelas IX F semakin bertambah solidaritasnya sesama teman, lebih jujur, serta bertanggung jawab atas apa yang dilakukan
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Machfud Bachtiyar | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Perilaku Prososial; Bimbingan Kelompok; Karyawisata | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 15 Jan 2016 02:50 | ||||||
Last Modified: | 15 Jan 2016 02:50 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3343 |
Actions (login required)
View Item |