This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Chasanah, Chabibatul (2015) LANGUAGE FUNCTIONS IN STUDENT TEACHERS’ UTTERANCE: AN ANALYSIS OF STUDENT TEACHERS’ UTTERANCE IN PRE-SERVICE TEACHING : PPL 1 CLASSROOMS AT ENGLISH TEACHER EDUCATION DEPARTMENT OF STATE ISLAMIC UNIVERSITY OF SUNAN AMPEL SURABAYA ACADEMIC YEAR 2014-2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (504kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (241kB) | Preview |
Abstract
Guru termasuk mahasiswa yang sedang praktik mengajar dalam bahasa Inggris disebut student teachers/STs seharusnya mengetahui fungsi bahasa yang mereka gunakan saat mengajar. Akan tetapi, terdapat masalah dalam fungsi bahasa yang digunakan oleh mahasiswa atau student teachers STs ketika mereka mengajar di kelas PPL 1. Masalah tersebut adalah alasan mengapa penelitian ini dilakukan.
Ada dua hal yang menjadi tujuan dari penelitian ini: 1) Untuk mengetahui fungsi bahasa yang digunakan oleh mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris di kelas PPL 1; dan 2) Untuk mengetahui masalah yang ditemui mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris saat menggunakan fungsi bahasa di kelas PPL 1. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Halliday tentang tujuh fungsi dalam bahasa. Metode yang digunakan adalah qualitatif. Ada dua teknik untuk memperoleh data yaitu observasi dan interview. Teknik observasi digunakan untuk mencari tahu poin pertama penelitian ini. Sedangkan teknik interview digunakan untuk mencari tahu poin kedua penelitian ini. Terdapat sembilan STs yang diobservasi dan diinterview dalam penelitian ini.
Berdasarkan data yang diperoleh, terdapat dua hasil penelitian sebagai berikut:1) Dari tujuh fungsi bahasa, empat fungsi digunakan oleh semua STs, yaitu fungsi interactional, instrumental, personal, dan representational. Fungsi heuristic digunakan oleh delapan STs. Fungsi regulatory digunakan oleh lima STs. Sedangkan fungsi imaginative tidak digunakan oleh satu pun STs, 2) Masalah yang ditemui dan dimiliki STs sangatlah beragam. Masalah saat menggunakan fungsi interactional adalah kurangnya kemampuan STs dan siswa dalam bahasa Inggris, dan suara STs. Saat menggunakn fungsi heuristic masalah yang muncul adalah siswa cenderung diam, kurangnya kemampuan STs dan siswa dalam bahasa Inggris, dan pertanyaan dari STs. Masalah dalam penggunaan fungsi instrumental adalah pronunciation, instruksi yang kurang jelas, suara dari STs, rumitnya instruksi, ketakutan siswa menerima instruksi, dan instruksi yang tidak lengkap. Masalah yang ditemukan ketika STs menggunakan fungsi personal adalah pronunciation dan vocabulary. Masalah saat menggunakan fungsi representational adalah pronunciation, kurangnya konsentrasi siswa, vocabulary, kurangnya persiapan dari STs, kurangnya kemampuan siswa dalam memahami bahasa Inggris, dan kurang menarik cara menyampaikan materi oleh STs. Dalam fungsi regulatory masalah yang dihadapi STs adalah mereka sendiri bingung bagaimana mengatur siswa, kurangnya antusias siswa dalam kelas, dan ramainya kondisi dalam kelas
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Rizka Safriyani | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Bahasa Inggris |
||||||
Keywords: | Language Functions; Student Teachers Sts; Ppl 1; Siswa | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 15 Jan 2016 07:57 | ||||||
Last Modified: | 15 Jan 2016 07:57 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3397 |
Actions (login required)
View Item |