This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Jannah, Ani Nur (2019) Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Materi Fi Maktabah Al - Madrasah Menggunakan Model Pembelajaran Time Token Siswa Kelas 5 MI Darun Najah Kloposepuluh Sukodono Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Ani Nur Jannah_D97215051.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya keterampilan berbicara yang dimiliki oleh peserta didik terutama dalam pembelajaran Bahasa Arab. salah satunya pada pembelajaran bahasa Arab nilai kognitif yang didapatkan oleh peserta didik cukup bagus, namun sangat lemah pada keterampilan berbicaranya. Hal ini disebabkan peserta didik kurang dibiasakan dalam berbicara bahasa Arab sehingga peserta didik kurang percaya diri ketika berbicara. Selain itu pembelajaran yang dilakukan hanya cenderung pada ceramah, membaca bersama dan penugasan. Hal ini mendorong peneliti untuk menerapkan model pembelajaran Time Token untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab peserta didik kelas 5 pada materi Fi Maktabah Al - Madrasah. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui penerapan model pembelajaran Time Token dalam meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Arab peserta didik kelas 5 materi Fi Maktabah Al - Madrasah MI Darun Najah Kloposepuluh, Sukodono Sidoarjo, 2) Mengetahui peningkatan keterampilan berbicara Bahasa Arab menggunakan model pembelajaran Time Token kelas 5 materi Fi Maktabah Al - Madrasah di MI Darun Najah Kloposepuluh, Sukodono, Sidoarjo. Metode penelitian tindakan kelas (PTK) ini menerapkan model penelitian Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan 4 tahapan diantaranya yaitu Perencanaan (Planning), Tindakan (Action), Observasi (Observing), dan Refleksi (Reflecting). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan penilaian tes lisan. Adapun hasil penelitian yaitu 1) Penerapan model pembelajaran Time Token untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab berjalan baik. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan pada siklus I prosentase observasi aktivitas peserta didik dan pendidik mencapai 77% (cukup) dan 79% (cukup) sedangkan pada siklus II prosentase observasi aktivitas peserta didik dan pendidik naik menjadi 89% (tinggi) dan 97% (sangat tinggi). 2) Peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab pada materi Fi Maktabah Al – Madrasah dikatakan berhasil dengan prosentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 66% (cukup) dengan rata-rata 74,82 dan pada siklus II ketuntasan belajar meningkat menjadi 87% (sangat tinggi) dengan rata- rata 84,96.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Bahasa Arab Keterampilan Metode Pembelajaran |
||||||||||||
Keywords: | Keterampilan; Berbicara; Bahasa Arab; Time Token. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Jannah Ani Nur | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2019 02:45 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 Aug 2019 02:45 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33977 |
Actions (login required)
View Item |