This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Himmatul, Azizah (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AL QUR’AN HADITS MELALUI METODE DRILL PADA SISWA KELAS V MI AL-WARDAH GRINTING KECAMATAN TULANGAN KABUPATEN SIDOARJO. SKRIPSI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH UIN SUNAN AMPEL SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (489kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (115kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil kegiatan pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada materi surat-surat pendek yang dilakukan guru pada siswa kelas V MI Al-Wardah Grinting bahwa prestasi belajarnya rendah. Dari 16 siswa, hanya 9 siswa yang tuntas belajarnya. Guru selama ini masih menggunakan metode pembelajaran yang tidak tepat. Guru selalu mendominasi dalam setiap kegiatan pembelajaran. Siswa hanya sebagai pendengar saja.
Berangkat dari uraian di atas, diperlukan usaha dari guru untuk bisa menjelaskan kepada siswa konsep-konsep dasar surat-surat pendek yang bersifat abstrak. Untuk mengatasi hal tersebut dapat digunakan metode Drill. Penggunaan metode drill diharapkan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar tidak terjadi kejenuhan, dengan demikian siswa akan terlibat secara fisik, emosional dan intelektual.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode Drill pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits pada siswa kelas V MI Al-Wardah Grinting Tulangan Sidoarjo ? (2)) Apakah metode Drill dapat meningkatkan prestasi belajar Al Qur’an Hadits pada siswa kelas V MI Al-Wardah Grinting Tulangan Sidoarjo ?
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui penerapan metode drill pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pada siswa kelas V MI Al-Wardah Grinting Tulangan Sidoarjo. (2) untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits pada siswa kelas V MI Al-Wardah Grinting Tulangan Sidoarjo setelah diterapkan metode drill.
Penelitian ini merupakan PTK. Penelitian ini menggunakan model PTK yang dikembangkan oleh Kurt Lewin yang dalam setiap siklusnya terdiri dari empat langkah, yaitu planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dam reflection (refleksi).
Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode drill berjalan dengan baik. Dalam proses pembelajaran dapat dilihat aktivitas guru dan siswa yang mengalami peningkatan. Aktivitas guru meningkat dari perolehan pada siklus I
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Husniyatus Salamah Zainiyati | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Agama Pendidikan |
||||||
Keywords: | Metode Drill; Surat-Surat Pendek; Peningkatan Prestasi | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Mr Sulaiman Sulaiman | ||||||
Date Deposited: | 15 Jan 2016 08:24 | ||||||
Last Modified: | 15 Jan 2016 08:24 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3399 |
Actions (login required)
View Item |