This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rosyidah, Ririn Ainun (2019) Penguatan kurikulum pendidikan agama Islam bermuatan lokal di SMP Islam Al Azhar Kelapa Gading Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Ririn Ainun Rosyidah_D91215106.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguatan kurikulum pendidikan agama Islam bermuatan lokal di sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana bentuk penguatan Kurikulum Pendidikan Agama Islam bermuatan lokal di SMP Islam Al-Azhar Kelapa Gading (ALAZKA) Surabaya. Apa faktor pendukung penguatan Kurikulum Pendidikan Agama Islam bermuatan lokal di SMP Islam Al-Azhar Kelapa Gading (ALAZKA) Surabaya. Apa faktor penghambat penguatan Kurikulum Pendidikan Agama Islam bermuatan lokal di SMP Islam Al-Azhar Kelapa Gading (ALAZKA) Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat Kualitatif Deskriptif dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yakni fenomenologis. Hal yang pertama dilakukan adalah mengumpulkan data-data yang terkait dengan penelitian, kemudian peneliti mengklasifikasikan sesuai permasalahan yang dibahas, setelah itu data disusun dan di analisis dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif dan analisis domain digunakan sebagai pendukung. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa ada 12 program kegiatan yang digunakan untuk penguatan kurikulum pendidikan agama Islam (PAI) bermuatan lokal, yakni penambahan materi al-Qur’an Hadits dan bahasa Arab, tilawah al-Qur’an atau baca tulis al-Qur’an (BTQ), shalat dhuha, dzuhur dan Ashar secara berjamaah, pelatihan khitobah, program keputrian, ektrakurikuler tahfidz al-Qur’an, khatmil Qur’an, arabic day, kantin kejujuran, manasik Haji, serta program Jum’at bersih. Faktor yang mendukung penguatan kurikulum PAI bermuatan lokal di sekolah adalah lingkungan sekolah yang baik, guru atau pendidik yang kompeten dan tingginya motivasi dan semangat dari peserta didik. Proses pelaksanaan penguatan kurikulum PAI di sekolah juga mengalami kendala atau hambatan yang berasal dari dua faktor, yakni input peserta didik yang bervariatif dan kurangnya dukungan keluarga.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Kurikulum Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum |
||||||||||||
Keywords: | Penguatan Kurikulum; Muatan Lokal | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Rosyidah Ririn Ainun | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2019 03:15 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Aug 2019 03:15 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34011 |
Actions (login required)
View Item |