This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Maulidina, Aam (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS IV MI SEMESTA KEDUNGMALING SOOKO MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (18MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (31kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran guru dalam kelas pada saat pembelajaran matematika dengan menggunakan metode drill dan untuk mengetahui aktivitas siswa serta hasil belajar siswa dalam belajar matematika materi pokok operasi hitung bilangan pada siswa kelas IV. Manfaat penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah manfaat penelitian secara teoritis dan secara praktis.
Landasan teori merupakan dasar yang digunakan untuk memperkuat pendapat yang diajukan untuk mendapatkan hasil yang dapat dipertanggungjawabkan, yaitu dengan menggunakan teori-teori yang relevan.
Metode dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, refleksi, tambahan (siklus). Instrumen penelitian yang digunakan peneliti berupa tes subyektif dan lembar observasi. Lembar Observasi yang digunakan peneliti yakni lembar observasi aktivitas siswa dan lembar pengelolaan pembelajaran guru dengan menggunakan metode drill pada materi operasi hitung bilangan. Pada pengumpulan data peneliti menggunakan tes subyektif dan observasi. Penelitian ini dilakukan pada kelas IVMI SEMESTA Kedungmaling Sooko Mojokerto. Peneliti melakukan uji validitas dan reliabilitas instrument penelitian.
Hasil uji validitas dan reliabilitas pada siswa kelas IV MI SEMESTA Kedungmaling Sooko Mojokerto dari test siklus I dan Test siklus II menunjukkan instrument penilaian valid dan reliable sehingga instrument tersebut bisa digunakan. Dengan menggunakan instrument penilaian yang diuji validitas dan reliabilitas maka (1) aktivitas pendidik pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 3,4 dan pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 3,7. (2) aktivitas siswa pada siklus I yang dicapai pada kategori aktif, indikator 1 sebesar 70%, indikator 2 sebesar 70%, indikator 3 sebesar 70%, indikator 4 sebesar 50%, indikator 5 sebesar 25%, dan indikator 6 sebesar 80%.Dan pada siklus II ketuntasan Aktivitas siswa yang dicapai pada kategori aktif, indikator 1 sebesar 90%, indikator 2 sebesar 90%, indikator 3 sebesar 85% dan indikator 4 sebesar 80%, indikator 5 sebesar 10%, dan indikator 6 sebesar 90%.(3) Diperoleh hasil belajar siswa pada test ulangan sebelumnya sebesar 15%, test siklus I sebesar 75% dan test siklus II sebesar 90%. Sehingga ketuntasan telah tercapai pada siklus II.
Hasil Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas IV MI SEMESTA Kedungmaling Sooko Mojokerto menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pengelolaan kelas dan aktifitas siswa dengan menggunakan metode drill juga mengalami peningkatan. Hal itu bisa dilihat dari
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Evi Fatimatur Rusydiyah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Matematika |
||||||
Keywords: | Kemampuan Berhitung; Metode Drill | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Mr Sulaiman Sulaiman | ||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2016 02:12 | ||||||
Last Modified: | 18 Jan 2016 02:12 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3424 |
Actions (login required)
View Item |