PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOERATIF STAD PADA SISWA KELAS V MI DARUL MUTA’ALIMIN SUGIHWARAS PATIANROWO NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014-2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfiyah, Ainun (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOERATIF STAD PADA SISWA KELAS V MI DARUL MUTA’ALIMIN SUGIHWARAS PATIANROWO NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014-2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Kegiatan belajar bersama dapat membantu memacu belajar aktif. Kegiatan belajar dan mengajar di kelas memang dapat menstimulasi belajar aktif, namun kemampuan untuk mengajar melalui kegiatan kerjasama kelompok kecil akan memungkinkan untuk menggalakkan kegiatan belajar aktif dengan cara khusus. Apa yang didiskusikan siswa dengan teman-temannya dan apa yang diajarkan siswa kepada teman-temannya memungkinkan mereka untuk memperoleh pemahaman dan penguasaan materi pelajaran.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan : (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar PKn dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model STAD ? (b) Bagaimanakah pengaruh Metode Pembelajaran kooperatif terhadap motivasi belajar PKn?.
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar PKn setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar PKn setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif. (c) memberikan gambaran metode pembelajaran yang tepat dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dan menjadikan siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran . setiap putaran terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V MI Darul Muta’alimin Sugihwaras Patianrowo Nganjuk Tahun Pelajaran 2014-2015. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III, yaitu siklus I (68,42%), siklus II (81,58%), siklus III (94,74%).
Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa kelas V MI Darul Muta’alimin Sugihwaras Patianrowo Nganjuk Tahun Pelajaran 2014-2015, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran PKn

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nadlir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfiyah, AinunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Keywords: PKn; Metode Pembelajaran kooperatif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Sulaiman Sulaiman
Date Deposited: 18 Jan 2016 03:13
Last Modified: 18 Jan 2016 03:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3435

Actions (login required)

View Item View Item