This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Indah Rahmawati, Indah (2015) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPA MATERI PENGARUH ENERGI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI MELALUI METODE DISCOVERY PADA SISWA KELAS III MI DARUL ULUM BAURENO. SKRIPSI, PRODI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH UIN SUNAN AMPEL SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (501kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (124kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penulisan ini adalah kurang adanya motivasi yang timbul dari siswa, terlihat ketika prose belajar mengajar berlangsung siswa terlihat lemas, lesu, mengantuk, malas mencatat materi, dan bahkan ada yang memilih mengobrol dengan temannya saat guru menerangkan pelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut penulis mengambil pembelajaran melalui metode discovery pada mata pelajaran IPA materi Pengaruh Energi Dalam Kehidupan Sehari-hari.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan metode discovery dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pengaruh energi dalam kehidupan sehari-hari di kelas III MI Darul Ulum Baureno, Bojonegoro dan yang kedua bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa kelas III mata pelajaran IPA materi pengaruh energi dalam kehidupan sehari-hari di MI Darul Ulum Baureno, Bojonegoro setelah diterapkan metode discovery?
Penulisan tindakan kelas ini menggunakan metode kualitatif dan metode kuantitatif yang di kenal dengan metode kombinasi. Jadi metode kombinasi adalah metode penulisan yang menggabungkan antara dua metode yaitu kualitatif dan metode kuantitatif. Model penelitian kelas yang digunakan dalam penulisan ini adalah model Kurt Lewn. Ada beberapa teknik dalam pengumpulan data pada penulisan ini, yaitu wawancara, angket dan dokumentasi. Data kualitatif yang digunakan penulis di analisis diskriptif dan yang kualitatif di analisis menggunakan rumus rat-rata dan presentase.
Berdasarkan latar belakang diatas maka penulis melakukan tindakan dengan menggunakan metode discovery. Metode tersebut adalah cara yang digunakan penulis untuk meningkatkan motivasi yang dimiliki oleh peserta didik. Sedangkan teknik pengumpulan data serta alat yang digunakan penulis untuk mengukur tingkat motivasi siswa adalah angket, lembar observasi siswa dan guru serta dokumentasi selama proses belajar mengajar.
Berdasarkan hasil dari semua komponen dan teknik pengumpulan data dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Dimulai dari aktivitas siswa yang pada siklus satu meningkat hingga 22% dengan rata-rata pada siklus I adalah 71% dan siklus II adalah 93%. Sedangkan hasil dari aktivitas guru pada siklus satu adalah 76% dan pada siklus yang kedua adalah 80%
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Zudan Rosydi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Motivasi Belajar Pendidikan |
||||||
Keywords: | Motivasi Belajar IPA; Metode Discovery; Pengaruh Energi Dalam Kehidupan Sehari-hari | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Mr Sulaiman Sulaiman | ||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2016 03:26 | ||||||
Last Modified: | 18 Jan 2016 03:26 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3438 |
Actions (login required)
View Item |