PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPA MATERI PENGARUH ENERGI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI MELALUI METODE DISCOVERY PADA SISWA KELAS III MI DARUL ULUM BAURENO. SKRIPSI, PRODI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indah Rahmawati, Indah (2015) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPA MATERI PENGARUH ENERGI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI MELALUI METODE DISCOVERY PADA SISWA KELAS III MI DARUL ULUM BAURENO. SKRIPSI, PRODI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH UIN SUNAN AMPEL SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulisan ini adalah kurang adanya motivasi yang timbul dari siswa, terlihat ketika prose belajar mengajar berlangsung siswa terlihat lemas, lesu, mengantuk, malas mencatat materi, dan bahkan ada yang memilih mengobrol dengan temannya saat guru menerangkan pelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut penulis mengambil pembelajaran melalui metode discovery pada mata pelajaran IPA materi Pengaruh Energi Dalam Kehidupan Sehari-hari.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan metode discovery dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pengaruh energi dalam kehidupan sehari-hari di kelas III MI Darul Ulum Baureno, Bojonegoro dan yang kedua bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa kelas III mata pelajaran IPA materi pengaruh energi dalam kehidupan sehari-hari di MI Darul Ulum Baureno, Bojonegoro setelah diterapkan metode discovery?
Penulisan tindakan kelas ini menggunakan metode kualitatif dan metode kuantitatif yang di kenal dengan metode kombinasi. Jadi metode kombinasi adalah metode penulisan yang menggabungkan antara dua metode yaitu kualitatif dan metode kuantitatif. Model penelitian kelas yang digunakan dalam penulisan ini adalah model Kurt Lewn. Ada beberapa teknik dalam pengumpulan data pada penulisan ini, yaitu wawancara, angket dan dokumentasi. Data kualitatif yang digunakan penulis di analisis diskriptif dan yang kualitatif di analisis menggunakan rumus rat-rata dan presentase.
Berdasarkan latar belakang diatas maka penulis melakukan tindakan dengan menggunakan metode discovery. Metode tersebut adalah cara yang digunakan penulis untuk meningkatkan motivasi yang dimiliki oleh peserta didik. Sedangkan teknik pengumpulan data serta alat yang digunakan penulis untuk mengukur tingkat motivasi siswa adalah angket, lembar observasi siswa dan guru serta dokumentasi selama proses belajar mengajar.
Berdasarkan hasil dari semua komponen dan teknik pengumpulan data dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Dimulai dari aktivitas siswa yang pada siklus satu meningkat hingga 22% dengan rata-rata pada siklus I adalah 71% dan siklus II adalah 93%. Sedangkan hasil dari aktivitas guru pada siklus satu adalah 76% dan pada siklus yang kedua adalah 80%

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Zudan Rosydi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indah Rahmawati, IndahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Motivasi Belajar
Pendidikan
Keywords: Motivasi Belajar IPA; Metode Discovery; Pengaruh Energi Dalam Kehidupan Sehari-hari
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Sulaiman Sulaiman
Date Deposited: 18 Jan 2016 03:26
Last Modified: 18 Jan 2016 03:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3438

Actions (login required)

View Item View Item