This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Arifa, Rosyidatul (2015) STUDENT TEACHERS’ SELF-EFFICACY IN USING INSTRUCTIONAL STRATEGIES AT PRACTICE TEACHING CLASS (PPL I) OF ENGLISH TEACHER EDUCATION DEPARTMENT UIN SUNAN AMPEL SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (193kB) | Preview |
Abstract
Sebagai kandidat guru, mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan I (PPL I) membutuhkan efikasi diri yang tinggi untuk menjadi guru yang efektif dan cakap di masa depan. Di dalam penelitian ini, efikasi diri mahasiswa PPL I diartikan sebagai kepercayaan diri mahasiswa PPL I terhadap kemampuannya menyelenggarakan sebuah pengajaran untuk menunjang pembelajaran berhubungan dengan tindakan professional seorang guru. Dimensi dari efikasi diri guru yang paling dasar dibutuhkan bagi mahasiswa PPL I adalah dalam menerapkan strategi pengajaran karena strategi pegajaran erat kaitannya dengan cara seorang guru menjadikan siswa mampu menguasai materi pembelajaran. Penelitian ini difokuskan untuk menyelediki tingkat efikasi diri mahasiswa PPL I dalam menerapkan strategi pengajaran dan mengidentifikasi faktor yang mempegaruhi tingkat efikasi diri mahasiswa PPL I dalam menerapkan strategi pengajaran tersebut. Observation checklist dan interview guideline digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini. Kemudian, pendekatan kualitatif yang digabungkan dengan studi kasus explanatory juga digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini. Mengenai subjek penelitian, peneliti memilih dua belas mahsiswa PPL I dari enam kelas PPL I di Progam Studi Pendidikan Bahasa Inggris UIN Sunan Ampel Surabaya Tahun Akademik 2014/ 2015. Data dari penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata tingkat efikasi diri mahasiswa PPL I dalam menerapkan strategi pengajaran adalah tinggi, tepatnya 62% yang tinggi dan 38% yang rendah. Persentase tertinggi dari mahasiswa PPL I yang mendapat efikasi diri tinggi adalah dalam membatasi stress dan belajar dari kekurangan ketika mengajar, sedangkan persentase tertinggi mahasiswa yang mendapatkan efikasi diri rendah adalah dalam membayangkan kesukseskan mengajar. Faktor yang mempengaruhi efikasi diri mahasiswa PPL I dalam menerapkan strategi pengajaran adalah pengalaman menguasai dan kepercayaan sosial sebagai faktor utama, sedangkan pegalaman meniru orang lain dan kondisi psikologi adalah faktor tambahan. Lebih jauh lagi, faktor baru yang mempengaruhi efikasi diri mahasiswa PPL I yang ditemukan dalam penelitian ini adalah kedisiplinan mahasiswa PPL I dan harga diri mahasiswa PPL I. Singkatnya, tingkat efikasi diri mahasiswa PPL I dalam menerapkan strategi pengajaran di kelas PPL I Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UIN Sunan Ampel Surabaya secara umum adalah tinggi karena empat sumber efikasi diri dan dua faktor yang lain
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Irma Soraya | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Bahasa Inggris Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Student Teachers’ Self-Efficacy; Instructional Strategies; Practice Teaching; Percaya Diri; Kemampuan; Pengajaran; Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2016 03:32 | ||||||
Last Modified: | 18 Jan 2016 03:32 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3442 |
Actions (login required)
View Item |