This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Syarifah, Intan (2019) Pengembangan instrumen penilaian untuk mengukur kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah Matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Intan Syarifah_D04212009.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kreativitas merupakan salah satu komponen yang penting dalam memecahkan masalah matematika. Diperlukan instrumen pengukuran kreativitas siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat kreativitas seorang siswa. Instrumen ini dimaksudkan untuk mengevaluasi kreativitas dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal, daya pembeda soal untuk mengukur kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan tes CAP. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-i SMPN 1 Waru Sidoarjo dengan jumlah siswa yaitu 29 siswa. Penelitian ini mengacu pada model Mardapi karena langkah-langkah yang harus dilakukan tersusun secara terperinci, sistematis dan cocok untuk mengembangkan produk yaitu berupa instrumen tes kreativitas siswa. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpulan data yaitu instrument tes kreativitas CAP (Creativity Assessment Packet). Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Pada latihan berpikir divergen, semua butir soal dikatakan valid dengan nilai r hitung › r tabel. Pada latihan divergent feeling, 34 butir soal dikatakan valid dan 12 butir soal tidak valid. Pada skala Williams, 26 butir soal dikatakan valid dan 10 butir soal tidak valid; (2) Hasil uji latihan berpikir divergen memiliki tingkat reliabilitas yang baik dengan nilai Cronbach’s alpha yaitu 0,413, pada latihan divergent feeling memiliki tingkat reliabilitas yang sangat baik dengan nilai Cronbach’s alpha 0,826 begitupun juga dengan skala Williams yang memiliki tingkat reliabilitas yang baik yaitu dengan nilai Cronbach’s alpha 0,751; (3) Dari tiga butir soal pada latihan berpikir divergen, ada satu butir soal memiliki tingkat kesukaran yang sulit dengan indeks tingkat kesukaran 0,0-0,3 dan dua butir soal memiliki tingkat kesukaran sedang dengan range 0,3-0,7; (4) daya pembeda soal termasuk dalam kategori memuaskan dengan range 0,30-0,39.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan |
||||||||||||
Keywords: | Instrumen; Kreativitas; Berpikir kreatif | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Syarifah Intan | ||||||||||||
Date Deposited: | 19 Aug 2019 01:50 | ||||||||||||
Last Modified: | 19 Aug 2019 01:50 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34439 |
Actions (login required)
View Item |