This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fajriyah, Latifatul (2015) REPRESENTATION OF RHETORICAL MOVE OF THESIS ABSTRACTS IN ENGLISH TEACHER EDUCATION DEPARTMENT. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (575kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (173kB) | Preview |
Abstract
Abstrak skripsi itu penting dikarenakan abstrak menyajikan kerangka informasi dari
keseluruhan skripsi. Abstrak tersebut singkat, namun abstrak harus berisi keterangan
yang memuat keseluruhan informasi penelitian. Untuk mengetahui abstrak yang
syarat dengan informasi, pembaca harus menyadari adanya rhetorical move dalam
abstrak. Rhetorical move adalah rangkaian informasi singkat tentang keseluruhan
penelitian yang terbagi atas pendahuluan (introduction), tujuan (purpose), metode
(method), hasil (product), and kesimpulan (conclusion). Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan abstrak skripsi mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa
Inggris apakah memenuhi persyaratan komposisi rhetorical move atau tidak dan
untuk meneliti perbedaan rhetorical move diantara abstrak skripsi mahasiswa
Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif, dan menggunakan konten atau dokumen analisis sebagai desain penelitian.
Data penelitian diambil dari abstrak skripsi mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa
Inggris yang lulus pada Maret 2015, periode 74 di UIN Sunan Ampel Surabaya. Ada
22 data yang didapatkan dari mahasiswa. Rubrik dari teori Hyand digunakan sebagai
instrumen penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan ada 5 tipe
move pada abstract mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, itu dibuktikan
dengan prosentase analisa rhetorical move: introduction (100%), purpose (95,45%),
method (100%), product (100%), and conclusion (63,63%). Penelitian ini juga
menunjukkan adanya perbedaan rhetorical move pada abstrak. Itu dibuktikan dengan
perbedaan jumlah move pada abstrak skripsi mahasiswa. Ada tiga perbedaan,
diantaranya; ada 59% mahasiswa yang menggunakan 5-move (Introduction, Purpose,
Method, Product, Conclusion), ada 5% mahasiswa yang menggunakan 4-move a
(Introduction, Method, Product, Conclusion), dan ada 36% mahasiswa yang
menggunakan 4-move b (Introduction, Purpose, Method, Product). Kesimpulannya,
kebanyakan abstrak mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang lulus pada
Maret 2015 memenuhi persyaratan komposisi rhetorical move menurut teori Hyland.
Sehingga, abstrak mereka bisa menjadi model untuk menulis abstrak yang syarat
dengan informasi bagi mahasiswa lainnya di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dan
itu bisa digunakan sebagai materi autentik pada pengajaran abstract genre di jurusan tersebut.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Irma Soraya, Hernik Farisia | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Inggris Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Thesis abstract; Rhetorical move; English Teacher Education Department (ETED); | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris | ||||||
Depositing User: | Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2016 07:07 | ||||||
Last Modified: | 18 Jan 2016 07:07 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3461 |
Actions (login required)
View Item |