This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fauzi, Nida Dusturia (2015) CONTENT ANALYSIS OF WRITING MATERIAL IN THE COURSEBOOK DESIGNED BY STUDENTS OF ENGLISH TEACHER EDUCATION DEPARTMENT IN STATE ISLAMIC UNIVERSITY SUNAN AMPEL SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (483kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (139kB) | Preview |
Abstract
Coursebook yang dirancang oleh adalah proyek siswa Kelas IMATL Pendidikan Bahasa Inggris dalam mengembangkan materi, siswa harus merancang bahan ajar karena hal ini merupakan syarat utama bagi siswa untuk lulus dalam mata kuliah IMALT. Hal ini juga sebagai media untuk membangun kreativitas siswa dalam merancang bahan ajar berdasarkan ajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 (kurikulum terbaru). Oleh karena itu, mahasiswa kelas IMALT harus bisa merancang bahan ajar yang relevan dengan Kurikulum 2013. Namun, merancang bahan ajar bukanlah hal yang mudah karena bahan ajar rancangan harus terdiri dari beberapa bab, dan setiap bab harus terdiri dari keterampilan bahasa (Language Skill) dan bahasa isi (Language Content). Kemampuan bahasa terdiri dari berbicara, menulis, mendengar, dan membaca. Tata bahasa dan kosa kata dalam bahasa termasuk dalam bahasa isi. Peneliti berfokus pada keterampilan bahasa yaitu materi menulis (Writing Material) karena writing material adalah keterampilan produktif yang memerlukan siswa untuk lebih banyak praktek dalam mengekspresikan ide, menyampaikan pesan, memperhatikan tanda baca, ejaan, dan sebagian besar masyarakat berpikir bahwa keterampilan writing itu sulit untuk di pelajari. Dengan demikian, peneliti menyelidiki apakah writing material yang dirancang oleh mahasiswa dari IMALT Kelas relevan dengan K-13 atau tidak. Jadi, penelitian ini membahas: (1) Apakah writing material dalam bahan ajar yang dirancang oleh siswa kelas IMATL relevan dengan K-I3? (2) Apa saja tantangan yang dihadapi oleh siswa dalam mengembangkan materi? Peneliti menggunakan penelitian kualitatif berfokus pada analisis isi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: checklist untuk mengetahui kesesuaian writing materi dengan K-13 dengan mengidentifikasi writing material yang dikembangkan oleh siswa dan mencocokkan dengan kompetensi dasar dalam K-13, dan wawancara untuk mengetahui tantangan yang dihadapi oleh siswa dalam mengembangkan materi. Temuan dalam writing materi yang dikembangkan oleh siswa adalah relevan dengan kurikulum 2013. Kemudian, hasil penelitian tentang tantangan yang dihadapi oleh siswa IMALT adalah kebutuhan siswa, membuat konten isi bahan ajar yang komunikatif, menemukan sumber refferensi yang tepat, mendapatkan ide yang menarik, design grafis dan waktu yang terbatas dalam mengembangkan materi.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Afida safriyani, Diah Karmilasari Putri | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Inggris Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Writing Material; Coursebook Designed; | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris | ||||||
Depositing User: | Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2016 07:17 | ||||||
Last Modified: | 18 Jan 2016 07:17 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3466 |
Actions (login required)
View Item |