MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS AS-SALAFIYAH SRESEH SAMPANG MADURA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sumintang, Taufik (2015) MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS AS-SALAFIYAH SRESEH SAMPANG MADURA. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (978kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Untuk mendeskripsikan model pembelajaran advance organizer pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs As-Salafiyah Sreseh Sampang Madura, 2) Untuk mendeskripsikan keaktifan
siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs As-Salafiyah Sreseh Sampang Madura, 3) Untuk membuktikan ada atau tidaknya kefektifan model pembelajaran advance organizer dalam meningkatkan keaktifan siswa pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs As -Salafiyah Sreseh Sampang Madura.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Eksperimental yang dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, observasi dan tes. Penelitian dilaksanakan di MTs As-Salafiyah Sreseh Sampang Madura dengan subjek
penelitian ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan 32 siswa kelas VIII B sebagai
kelas eksperimen di tahun ajaran 2014/2015. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes dan angket. Uji normalitas digunakan dalam menganalisis data nilai pretest dan post test dengan nilai mean untuk kelas kontrol sebesar 11,25 dan mean untuk kelas eksperimen sebesar 40,00. Hasil dari uji normalitas menjelaskan bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata perubahan lebih
tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan melihat taraf 1 persen kelompok eksperimen memiliki perubahan signifikan dibanding kelompok kontrol, dengan kata
lain bahwa model pembelajaran advance organizer yang diterapkan di kelas eksperimen berhasil atau meningkatkan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian meliputi 1) Proses pembelajaran dengan model advance organizer pada pembelejaran Sejarah Kebudayaan Islam berlangsung dengan baik dimana rata-rata siswa merespon baik terhadap model pembelajaran advanze
organizer sebesar 94%. 2) Keaktifan siswa pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan model pembelajaran advance organizer pada kelas eksperimen memiliki rata-rata peningkatan mencapai nilai minimal 75% sedangkan untuk kelas
kontrol hanya 50%. 3) Kelas eksperimen memiliki perubahan hasil belajar yang signifikan dibanding kelompok kontrol, dimana hasil persentase nilai rata-rata pretes
dan postes pada kelas VIII A sebagai kelas kontrol sebesar 20%, sedangkan pada kelas VIII B sebagai kelas eksperimen sebesar 89%. Sehingga terbukti dan efektif bahwa model pembelajaran advance organizer meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs As -Salafiyah Sreseh Sampang Madura

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Achmad Muhibbin Zuhri
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sumintang, TaufikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Advance Organizer; Keaktifan Siswa; SKI; Sejarah Agama Islam
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Jan 2016 01:13
Last Modified: 19 Jan 2016 01:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3503

Actions (login required)

View Item View Item