PENERAPAN METODE PENGAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syihabuddin, Muhammad Arif (2015) PENERAPAN METODE PENGAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 GRESIK. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (629kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (426kB) | Preview

Abstract

Penerapan metode pengajaran langsung dengan pendekatan saintifik berkaitan erat dengan diterapkannya kurikulum 2013 di beberapa sekolah di Indonesia. Pendektan saintifik merupakan pendekatan pembelajaran yang mengadopsi langkah-langkah saintis dalam membangun pengetahuan melalui metode ilmiah yang pada Kurikulum 2013 pendekatan ini diperuntukkan proses kegiatan pembelajaran bagi jenjang pendidikan menengah keatas. Pada kegiatan pembelajaran di dalam kelas, guru PAI memilih beberapa metode pengajaran dengan pendekatan saintifik yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan kepada siswa, seperti metode pengajaran langsung, dan pada penerapan metode ini dengan pendekatan saintifik tidak terlepas dari beberapa kelebihan dan kekurangan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan studi kasus di SMA Negeri 1 Gresik. pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari wawancra, observasi dan dokumentasi ini kemudian dianalisa dengan teknik deskriptif analitik. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data yaitu membandinkan data hasil observasi dengan data hasil wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menemukan bahwa penerapan metode pengajaran langsung dengan pendekatan saintifik pada materi PAI di SMA Negeri 1 Gresik menacu pada sintaks metode pengajaran langsung dan pendekatan saintifik. Dalam penerapannya terdapat beberapa kelebihan seperti pesan yang disampaikan oleh guru secara langsung dapat langsung diterima dan memudahkan siswa/peserta didik, dan kekurangan seperti terkadang terjadi guru merasa kesulitan memilih metode pengajaran langsung yang pas dan sesuai untuk masing-masing kelas, karena melihat kondisi siswa/peserta didik yan sedimikian rupa. Selain kelebihan dan kekurangan tersebut, implikasi penerapannya juga dapat dirasakan oleh guru PAI dan siswa SMA Negeri 1 Gresik

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: A.Z Fanani
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syihabuddin, Muhammad ArifUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Metode Pembelajaran; Direct Instruction; Pendekatan Saintifik
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Jan 2016 01:32
Last Modified: 19 Jan 2016 01:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3505

Actions (login required)

View Item View Item