This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Kusuma, Khaidir Akbar Wijaya (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA KELAS I SD KH THOHIR BAKRI BUBUTAN SURABAYA DALAM MENJELASKAN MATERI BANGUN DATAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SHORT CARD. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (541kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (619kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (280kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan guru mata pelajaran Matematika dan wawancara dengan siswa di SD. KH.Thohir Bakri Bubutan Surabaya pada tanggal 12 Mei 2015 bahwa di SD tersebut masih banyak siswa yang belum mampu menjelaskan dan mengelompokkan bangun datar. Dari 23 siswa yang ada dalam kelas I hanya 4 siswa yang mampu menjelaskan mengelompokkan bangun datar dengan benar . Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti ingin menerapkan media short card sebagai solusi untuk meningkatkan kemampuan siswa pada materi menjelaskan dan mengelompokkan bangun datar di kelas I SD. KH. Thohir Bakri Bubutan Surabaya.
Rumusan masalah ini yaitu pertama; Bagaimana penerapan media Short card pada materi bangun datar di kelas I SD. KH.Thohir Bakri Bubutan Surabaya?. Kedua: bagaimana peningkatan kemampuan menjelaskan bangun datar siswa kelas I SD. KH. Thohir Bakri Bubutan Surabaya setelah menggunakan media short card.
Metode penelitian ini menggunkan model PTK dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus, satu siklus mempunyai empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi
Hasil penelitian penerapan media short card pada siklus I dan II yaitu pada siklus I, siswa berkelompok dan berdiskusi setelah diberi beberapa potongan kartu selanjutnya peserta didik mengelompokkan bangun datar, setelah mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas, sedangkan pada siklus II peserta didik diberi beberapa potongan kartu dan mengelompokkan secara individu setelah itu menempelkan potongan kartu pada kertas yang sudah disediakan di papan tulis setelah itu menjelaskan bangun datar yang ditempelnya di papan tulis. Pada siklus I diperoleh hasil observasi guru sebesar 50 dan hasil observasi peserta didik sebesar 45, sedangkan pada siklus II telah diperoleh hasil observasi guru sebesar 89,28 dan hasil observasi peserta didik sebesar 85. Peningkatan kemampuan siswa kelas I SD. KH. Thohir Bakri Bubutan Surabaya dalam menjelaskan materi bangun datar dengan menggunakan media short card dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata peserta didik pada siklus I yaitu nilai mengelompokkan 68,69 sedangkan nilai tes tulis menjelaskan 71,30 rata-rata nilai tes tulis mengelompokkan dan menjelaskan 71,95, Pada siklus II mengalami peningkatan kemampuan menjelaskan dengan perolehan prosentase peserta didik yaitu 82,17 untuk perolehan nilai mengelompokkan 83,47 nilai rata-rata tes tulis menjelaskan dan mengelompokkan 82,82
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Zumrotul Mukaffa | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem |
||||||
Keywords: | Peningkatan Kemampuan Menjelaskan; Media Short Card. | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 19 Jan 2016 02:37 | ||||||
Last Modified: | 19 Jan 2016 02:37 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3523 |
Actions (login required)
View Item |