This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Khuzaemah, Khuzaemah (2015) Peningkatan kemampuan menulis puisi melalui media Arisan Gambar pada siswa Kelas III MI Darussalam Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (438kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (373kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (119kB) | Preview |
Abstract
Dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas III MI Darussalam Sidoarjo menunjukkan hasil belajar siswa yang belum maksimal, hal ini dapat dilihat dalam pencapain ketuntasan yang diperoleh rata-rata sebesar 76 pra siklus, dengan aktivitas siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi menulis puisi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka peneliti menggunakan media arisan gambar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penggunaan media arisan gambar pada materi menulis puisi kelas III MI Darussalam Sidoarjo? 2) Bagaimana peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas III MI Darussalam Sidoarjo setelah menggunakan media arisan gambar? Metode PTK ini menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan/pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III MI Darussalam Sidoarjo tahun pelajaran 2014/2015, dengan jumlah siswa 26 terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Penggunaan media arisan gambar pada siklus I dan siklus II guru menjelaskan media arisan gambar beserta cara penggunaanya. Pada siklus I semua peserta didik mulai mengaplikasikan media arisan gambar yaitu setiap siswa berkumpul sesuai dengan kelompok kemudian guru membagi amplop yang berisi gambar. Kemudian siswa berdiskusi membuat puisi yang indah dan menarik dengan tema yang sudah dibagikan. Selanjutnya, masing-masing perwakilan kelompok membacakan hasil karya mereka di depan kelas secara bergantian sampai semua kelompok mendapat giliran. Pada siklus II cara bekerja peserta didik berbeda dengan siklus I, yaitu pada siklus I peserta didik bekerja secara kelompok sedangakan siklus II peserta didik bekerja secara individu akan tetapi cara penggunaan media tetap sama. 2) Peningkatan kemampuan menulis puisi yaitu siklus I nilai aktivitas guru 78 dengan kategori cukup, siklus II 88 dengan kategori baik. Sedangkan aktivitas siswa siklus I mendapat nilai 65,6 dengan kategori cukup, siklus II 84,3 dengan ketegori baik. Hasil keseluruhan aktivitas guru dan aktivitas siswa sudah baik. Sedangkan peningkatan kemampuan menulis puisi siklus I memperoleh rata-rata 79 dengan prosentase 61,5 kategori cukup, siklus II memperoleh rata-rata 81 dengan prosentase 88,4 kategori baik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem |
||||||||
Keywords: | Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi; Media Arisan Gambar | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 19 Jan 2016 02:56 | ||||||||
Last Modified: | 10 Feb 2020 04:11 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3530 |
Actions (login required)
View Item |