This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nurmalikhah, Novi (2015) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV MI RAUDLATUL MUTA’ALLIMIN LAMONGAN PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI STRATEGI TEAM QUIZ. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (373kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (239kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang adanya penelitian ini adalah kurangnya motivasi belajar IPS materi perkembangan teknologi pada siswa kelas IV, disebabkan guru mengajar hanya dengan berceramah. akibatnya siswa cenderung mengantuk, cepat bosan dan kurang antusias dalam kegiatan belajar mengajar, yang mana hasil tersebut di buktikan dari hasil prosentase angket pra siklus siswa sebesar 30. Oleh sebab itu peneliti mengambil tindakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui strategi Team Quiz, yang mana hasil yang di dapat sangat memuaskan dengan persentase angket motivasi sebesar 90.
Rumusan penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan strategi Team Quiz pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi di kelas IV MI Raudlatul Muta’allimin Lamongan, 2) Bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa kelas IV MI Raudlatul Muta’allimin Lamongan pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi setelah menerapkan strategi Team Quiz.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, model PTK yang digunakan yaitu model Kurt Lewin. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket motivasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan strategi Team Quiz pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi, penerapan strategi Team Quiz yakni siswa dibagi menjadi tiga kelompok, menjelaskan tata cara pembelajaran, menjelaskan materi melalui media gambar, menyuruh kelompok A menyiapkan kuis berjawaban singkat sedangkan tim B dan C memanfaatkan waktu untuk melihat catatan, kelompok A menjadi pemimpin kuis dan memberikan pertanyaan ke kelompok B, jikalau kelompok B tidak bisa menjawab di lempar ke kelompok C, begitu seterusnya. Penerapan strategi ini di lihat dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I persentase yang diperoleh sebesar 56,25, dan untuk aktivitas siswa sebesar 63,63. Hasil tersebut masih dalam kategori cukup, sehingga dilanjutkan ke siklus II. Pada aktivitas guru memperoleh 90,6, sedangkan aktivitas siswa memperoleh 93,9. Hal ini menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dan guru dalam menerapkan strategi Team Quiz. 2) Peningkatan motivasi belajar siswa dilihat dari prosentase motivasi belajar melalui angket pada siklus I diperoleh sebesar 60 dengan jumlah siswa 6 dikategorikan motivasi belajarnya tinggi dan sangat tinggi. Namun hasil tersebut masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Kemudian pada siklus II prosentase motivasi siswa meningkat menjadi 90 dengan jumlah 9 siswa dikategorikan motivasi belajarnya tinggi dan sangat tinggi
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Zumrotul Mukaffa | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Motivasi Belajar Pendidikan Pendidikan Islam |
||||||
Keywords: | Peningkatan Motivasi Belajar; Strategi Team Quiz. | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 19 Jan 2016 03:04 | ||||||
Last Modified: | 19 Jan 2016 03:04 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3533 |
Actions (login required)
View Item |