This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nurdin, Edi (2015) PENINGKATAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL DI SMP ISLAM TERPADU BINA INSANI KEDIRI. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
Ringkasan.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (359kB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) |
||
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (714kB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (215kB) | Preview |
Abstract
Pemahaman merupakan salah satu kategori kognitif penting yang merupakan salah satu tujuan dari proses pembelajaran. Materi PAI perlu benar-benar dipahami peserta didik karena PAI mencakup perwujudan keserasian, keselarasan, dan keseimbangan hubungan manusia dengan Alla>h SWT, diri sendiri, sesama manusia, makhluk dan lingkungannya. Salah satu problem lama dalam proses pembelajaran PAI adalah penggunaan metode dan media yang cenderung dan mayoritas masih konvensional sehingga peserta didik kehilangan interest dan jenuh untuk mengikuti pelajaran PAI. Salah satu cara mengatasi problem tersebut dan memaksimalkan pembelajaran PAI di sekolah pada era kemajuan teknologi saat ini dapat dilakukan melalui pemanfaatan media pembelajaran tepatnya melalui pemanfaatan media digital.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus yang dimaksudkan untuk mencari jawaban tentang bagaimana proses pembelajaran pendidikan agama Islam, peningkatan pemahaman peserta didik pada materi pendidikan agama Islam melalui pemanfaatan media digital dan faktor pendukung dan penghambat peningkatan pemahaman peserta didik pada materi pendidikan agama Islam melalui pemanfaatan media digital di SMP Islam Terpadu Bina Insani Kediri.
Hasil penelitian menemukan bahwa proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Islam Terpadu Bina Insani Kediri terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Selain itu, pendidikan agama Islam di sekolah ini juga dilaksanakan melalui pembiasaan yang sudah dikomunikasikan pada semua guru dan staff sekolah dalam penerapan nilai-nilai dan ajaran-ajaran Islam sehingga membentuk suasana religius di sekolah yang berlaku tidak hanya bagi semua peserta didik tapi juga bagi semua guru, staff, dan karyawan. Kedua, pemanfaatan media digital di sekolah dilakukan melalui dua cara yaitu by design berupa powerpoint dan by utilization berupa video. Pemanfaatan media tersebut dapat membantu meningkatkan pemahaman peserta didik karena hal itu terkait dengan unsur-unsur psikologis peserta didik dalam proses pembelajaran. Ketiga, faktor pendukung peningkatan pemahaman peserta didik pada materi pendidikan agama Islam melalui pemanfaatan media digital yaitu upaya guru untuk memanfaatkan media tersebut dalam proses pembelajaran, kondisi peserta didik yang cukup melek teknologi informasi dan komunikasi,laptop pribadi, ketersediaan proyektor digital, saluran listrik yang cukup, dan wi-fi. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya ketersediaan proyektor digital dan guru juga belum bisa memaksimalkan media digital seperti mengedit video dan sebagainya
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Ali Mas'ud | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media | ||||||
Keywords: | Peningkatan Pemahaman; Pendidikan Agama Islam (PAI); Media Digital; | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 19 Jan 2016 03:19 | ||||||
Last Modified: | 19 Jan 2016 03:19 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3537 |
Actions (login required)
View Item |