This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Shufiyah, Siti Dzakirotus (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MATERI MENGENAL PERMASALAHAN SOSIAL MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS IV MI DARUSSALAM MODONG TULANGAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (121kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah karena rendahnya kemampuan berbicara pada materi mengenal permasalahan sosial oleh sebagian siswa kelas IV MI Darussalam Modong Tulangan Sidoarjo yang nilainya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (70) dan belum memenuhi kriteria kemampuan berbicara yang harus dikuasai. Oleh karena itu peneliti memberikan solusi berupa model contextual teaching learning (CTL) untuk mengatasi permasalahan rendahnya kemampuan berbicara siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tingkat kemampuan berbicara siswa kelas IV MI Darussalam Modong Tulangan Sidoarjo dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi mengenal permasalahan sosial sebelum diterapkannya model contextual teaching learning (CTL) dalam proses belajar mengajar?, (2) Bagaimana tingkat kemampuan berbicara siswa kelas IV MI Darussalam Modong Tulangan Sidoarjo dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi mengenal permasalahan sosial sesudah diterapkannya model contextual teaching learning (CTL) dalam proses belajar mengajar?
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada teknik observasi adalah dengan menggunakan lembar observasi aktifitas guru dan siswa, sedangkan pada teknik tes peneliti menggunakan lembar penilaian Performence, akan tetapi pada teknik wawancara peneliti hanya melakukan wawancara langsung dengan guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
Hasil penelitian ini menunjukkan: Kegiatan pembelajaran dengan model contextual teaching learning (CTL) pada siswa kelas IV MI Darussalam Modong Tulangan Sidoarjo telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat pada hasil observasi aktivitas guru meningkat dari siklus I yang hanya sebesar 65% (kurang baik) menjadi 87,5% (baik) pada siklus II. Dan hasil observasi aktivitas siswa meningkat dari siklus I sebesar 75% (cukup baik) sedangkan siklus II menjadi 91% (sangat baik). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, nilai rata-rata kelas siswa yang awalnya 65 pada siklus I menjadi 85 pada siklus II. Jumlah siswa yang tuntas belajar pada siklus I hanya 18 siswa dan meningkat menjadi 22 siswa pada siklus II, sehingga ketuntasan hasil belajar siswa dalam bentuk persen pada siklus I sebesar 75% dan meningkat pada siklus II menjadi 91,6%
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Zudan Rosyidi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Pendidikan Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem Pendidikan > Komunikasi |
||||||
Keywords: | Kemampuan Berbicara; Model Contextual Teaching Learning (CTL); Mengenal Permasalahan Sosial; Ilmu Pengetahuan Sosial. | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 19 Jan 2016 03:16 | ||||||
Last Modified: | 19 Jan 2016 03:16 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3539 |
Actions (login required)
View Item |