KEMATANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK PESERTA HOMESCHOOLING

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zayyinah, Yenni (2014) KEMATANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK PESERTA HOMESCHOOLING. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (887kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (71kB) | Preview

Abstract

bertujuan untuk mengetahui bagaimana kematangan sosial emosional anak peserta homeschooling. Pengumpulan data menggunakan teknik trianggulasi baik sumber maupun teori, yaitu tehnik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain diluar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data itu. Tehnik yang dipakai adalah wawancara terbuka (opended interview) yang didukung dengan observasi dan dokumentasi
untuk mengetahui kematangan sosial emosional anak peserta homeschooling.
Kematangan sosial emosional adalah kemampuan individu dalam
menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan mampu mengelola emosinya dengan baik serta kemampuan dalam mengerjakan atau menguasai tugas-tugas perkembangannya dengan baik.. Sedangkan homeschooling adalah proses layanan pendidikan yang secara sadar, teratur dan terarah dilakukan oleh orang
tua atau keluarga di mana proses belajar mengajar berlangsung dalam suasana yang kondusif. Subyek penelitian ini terdiri 2 anak berusia 10-11 tahun, yang mengikuti program homeschooling komunitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kematangan sosial emosional anak peserta homeschooling cukup baik dalam membentuk relasi dengan keluargam teman dan lingkungan,hal ini tidak lepas dari bentuk komunikasi antara subyek
dan orang tua serta didukung oleh beberapa program yang diadakan oleh pihak homeschooling seperti permainan tradisional petak umpet dan domikado yang mana memang bertujuan agar peserta homeschooling bisa bersosialisasi baik dengan teman sebaya melalui permainan yang mendidik. Untuk karakteristik sosial emosional subyek dalam penelitian ini adalah subyek tidak menutup diri
terhadap orang lain yang lebih dewasa, subyek bisa bergaul dengan lingkungan meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa beradaptasi dan berkomunikasi dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Rizma Fithri
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zayyinah, YenniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi > Psikologi Anak
Keywords: Kematangan Sosial Emosional; Homeschooling
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Feb 2015 08:21
Last Modified: 06 Feb 2015 08:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/354

Actions (login required)

View Item View Item