تحليل في الأخطاء كتابة الطلاب عند استخدام قواعد لدي الفصل الثامن بمدرسة ‏تنوير الأفكار ‏المتوسطة الإسلامية كريان سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najah, Wirda Elfin (2019) تحليل في الأخطاء كتابة الطلاب عند استخدام قواعد لدي الفصل الثامن بمدرسة ‏تنوير الأفكار ‏المتوسطة الإسلامية كريان سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wirda Elfin Najah_D72215058.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bahasa Arab merupakan Bahasa Asing di Indonesia, bukan bahasa sehari-hari ‎mereka dan bukan pula bahasa ibu. Oleh karena itu, para pembelajara bahasa arab ‎sering merasa kesulitan ketika mempelajari bahasa tersebut. Seperti yang dialami ‎oleh siswa kelas VIII MTs. Tanwirul Afkar Krian Sidoarjo, mereka kesulitan ‎dalam menggunakan qowaid bahasa arab pada ketrampilan menulis, seperti ‎penggunaan nahwu shorof .dengan adanya kesulitan tersebut muncul beberapa ‎kesalahan dalam bahasa khususnya pada ketrampilan menulis siswa.Sehingga ‎peneliti ingin menganalisis kesalahan yang terdapat pada tulisan siswa kelas VIII ‎MTs. Tanwirul Afkar Krian Sidoarjo.‎ Rumusan masalah pada penelitian ini adalah:(1) Bagaimana bentuk kesalahan ‎yang ada pada tulisan siswa kelas VIII MTs. Tanwirul Afkar Krian Sidoarjo?(2) ‎Apa saja sebab kesalahan pada tulisan siswa kelas VIII MTs.Tanwirul Afkar Krian ‎Sidoarjo?(3) bagaimana solusi yang diambil oleh guru bahasa arab siswa kelas VIII ‎MTs. Tanwirul Afkar Krian Sidoarjo?‎ Untuk menjawab pertanyaan tersebut, metode penelitian yang digunakan oleh ‎peneliti adalah metode kualitatif deskriptif. Untuk mengumpulkan data, peneliti ‎menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sempel ‎yang digunakan adalah siswa kelas delapan MTs. Tanwirul Afkar Krian Sidoarjo ‎yang berjumlah 15 siswa.‎‏ ‏‎ ‎Adapun hasil dari penelitian ini adalah, ditemukanya 9% kesalahan pada ‎mubtada’ khobar, 20% kesalahan pada fi’il dan fa’il, 27% kesalahan pada na’at ‎man’ut, 27% kesalahan pada susunan idhofah, 9% kesalahan pada isim jamid wal ‎musytaq dan 8% kesalahan pada isnad af’ali ila dhomairi.Sebagian besarkesalahan ‎yang paling banyak terjadi pada hasil tulisan siswa yaitu pemilihan susunan na’at ‎man’ut dan susunan idhofah. Sebab-sebab kesalahan pada penulisan siswa adalah ‎ketidak tahuan akan kaidah bahasa arab, penerapann kaidah yang kurang ‎lengkap,asumsi yang salah dan ketinggian dalam generelisasi. Dan cara belajar dan ‎mengajar terfokus padakaidah-kaidah, maka solusinya dengan‏ ‏ujian‏ ‏praktik nahwu ‎dan shorof.‎

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najah, Wirda Elfinwirdaelfin1412@gmail.comD72215058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, IbnuUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorThohir, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Keywords: Analisis Kesalahan; Tulisan Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Najah Wirda Elfin
Date Deposited: 04 Oct 2019 03:07
Last Modified: 04 Oct 2019 03:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35775

Actions (login required)

View Item View Item