PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMPRAKTEKKAN BACAAN HUKUM TAJ’WID PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST PADA SISWA KELAS V MI. AN-NAJAH LENTENG SUMENEP TAHUN PELAJARAN 2014/2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suda'i, Suda'i (2015) PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMPRAKTEKKAN BACAAN HUKUM TAJ’WID PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST PADA SISWA KELAS V MI. AN-NAJAH LENTENG SUMENEP TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (19MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (980kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (21MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini sangat sesuai dengan masalah yang ada,yaitu rendahnya keterampilan mempraktekkan hukum bacaan tajwid pada pelajaran Al Quran Hadist kelas V MI. An-Najah Lenteng Sumenep. Dengan menggunakan metode drill, siswa akan lebih meningkat keterampilan mempraktekkan hukum bacaan tajwid pada pelajaran Al Quran Hadist. Penelitian ini bertujuan “Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Drill pada pelajaran Al Quran Hadist dan peningkatan keterampilan mempraktekkan hukum bacaan taj’wid pada pelajaran Al Quran Hadist KelasV MI. An-Najah Lenteng Sumenep setelah diterapkannya pembelajaran menghafal Alqur’an dengan metode drill”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yaitu proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri dalam upaya untuk memecahkan masalah tersebut dengan cara melakukan berbagai tindakan yang terencana dalam situasi nyata serta menganalisis setiap pengaruh dari permasalahan tersebut. Pelaksanaan penelitian dibagi dalam dua tahap yaitu siklusI dan siklus II. Padasiklus I dan II terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil pengamatan dan refleksi akan dijadikan bahan rujukan untuk pelaksanaan siklus berikutnya. Sehingga proses dan hasil pelaksanaan siklus berikutnya diharapkan akan lebih baik dari siklus sebelumnya. Dari setiap siklus akan diukur hasil belajar siswa, sehingga dapat diketahui pengaruh penggunaan metode drill tersebut terhadap meningkatnya hasil belajar menghafal Aqur’an siswa. Hasil tindakan pembelajaran yang dilakukan pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar menghafal Alqur’an siswa mengalami kenaikan. Dari hasil lembar observasi pada siklus I diperoleh bahwa jumlah siswa yang mempunyai hasil belajar menghafal Alqur’an kategori baik sebanyak 75.86%. Setelah dilakukan refleksi terhadap pelaksanaan tindakan pada siklus I, tindakan pembelajaran siklus II menunjukkan bahwa hasil belajar menghafal Alqur’ansi swa juga mengalami peningkatan. Dari hasil penilaian hasil belajar menghafal pada siklus II diketahui bahwa jumlah siswa yang mempunyai hasil belajar kategori sangat baik sudah mencapai 93.10 %

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ali Mudlofir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suda'i, Suda'iUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Al Qur'an
Keywords: Hukum Tajwid; Al-Quran; Hadist
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 283 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2016 06:08
Last Modified: 29 Jun 2016 04:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3581

Actions (login required)

View Item View Item