This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Naningsih, Inggar Pradini Murti (2019) فعالية تقويم تعليم اللغة العربية لترقية مهارة الكلام بوسيلة إنستغارام في الفصل السابع بالمدرسة المتوسطة الحكومية الثانية سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Inggar Pradini Murti Naningsih_D92215070.pdf Download (7MB) |
Abstract
Pembelajaran Bahasa Arab di kelas VII MtsN 2 Surabaya, banyak siswa yang merasa kesulitan dalam menyusun kalimat khususnya dalam kemampuan berbicara, karena maharah kalam adalah maharah yang paling sulit diantara maharah lainnya dalam pembelajaran. Dengan tidak adanya lingkungan bahasa dan terbiasa menggunakan bahasa Indonesia. Dan maharah kalam itupun membutuhkan usahna dan juga latihan. Pengajar di sekolah tersebut tidak menggunakan bermacam- macam metode dan media pengajaran. Keadaan ini menyebabkan siswa merasa bosan dan cenderung tidak menyukai pelajaran Bahasa Arab. Sebenarnya, dalam proses pembelajaran Bahasa Arab, membutuhkan perencanaan sekaligus strategi yang bervariasi agar memberikan semangat dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini membahas tentang pengaruh media Instagram terhadap Keterampilan Berbicara siswa kelas VII MtsN 2 Surabaya. Dengan rumusan masalah :(1) Bagaimana kemampuan berbicara belajar Bahasa Arab siswa di kelas VII MtsN 2 Surabaya? (2) Bagaimana penerapan evaluasi pembelajaran keterampilan bahasa arab menggunakan media Instagram kelas VII MtsN 2 Surabaya? (3) Bagaimana efektifitas evaluasi pembelajaran keterampilan bahasa arab menggunakan media Instagram kelas VII MtsN 2 Surabaya? Adapun jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kuantitatif, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, tes (pre test dan post test), wawancara, angket dan dokumentasi. Dari penelitian ini kita mengetahui bahwasanya terdapat efektifitas evaluasi pembelajaran menggunakan media Instagram terhadap keterampilan bahasa arab,berdasarkan hasil analisis menggunakan rumus T-Test. Hasil T-Hitung menunjukkan 17,76 dan T-Tabel menunjukkan hasil 2,040 dan 2,744. Artinya penilaian T –Hitung lebih besar dari T-Tabel dan ini menunjukkan bahwa hipotesis H0 ditolaj dan Hipotesis Ha diterima.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Bahasa Arab | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | M.N Inggar Pradini | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 Oct 2019 06:16 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Oct 2019 06:16 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35837 |
Actions (login required)
View Item |